Iklan

iklan

Ritus Budaya "Gunung Padang" diselenggarakan Hari ini

Saturday, January 28, 2012 | 5:54:00 AM WIB Last Updated 2012-01-27T22:54:28Z
Situs Gunung Padang
KabarCianjur-Campaka; Dengan maksud merealisasikan gerakan sadar budaya dan lingkungan, Salah satu LSM yang bergerak dalam kepedulian tempat bersejarah Lokatmala Institute bekerjasama dengan Departemen ESDM-LH PDI Perjuangan DPD Provinsi Jawa Barat, menggagas sebuah Ritus Budaya 2012. Kegiatan ini mengambil tema  ‘Ngamumule Situs Gunung Padang’ (Menjaga, Mencintai, Melesarikan Situs Gunung Padang) yang akan diselenggarakan pada 28 sampai 29 Januari mendatang di Situs Gunung Padang di Desa Karyamukti, Campaka, Cianjur.  Eko Wiwid selaku Panitia Penyelenggara menjelaskan, kegiatan ini merupakan satu bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai budaya leluhur, sebagai identitas kedaulatan sumber daya alam.
“Adapun isi kegiatan nanti dimulai dengan dialog budaya dan lingungan ‘obrolan secangkir kopi’ yang akan membahas tentang identitas kedaulatan sumber daya alam dan launcing buku dongeng tentang Gunung Padang,” kata Eko. Acara dialog akan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2012 mulai pukul 13.00 WIB di Yayasan Perceka Art Centre Cianjur. “Acara lainnya yaitu dengan penanaman pohon dan mimbar seni pada tanggal 29 Januari 2012 di Lokasi Situs Gunung Padang,” ucapnya. Menurutnya, situs Gunung Padang merupakan salah satu situs peninggalan sejarah ribuan tahun silam. Para ahli sejarah dan ahli benda purbakala diperkirakan situs Gunung Padang dibuat pada zaman megalitikum.
“Situs ini membentuk sebuah bangunan dari jenis batu andesit dengan berbabagai jenis ukuran membentuk balok memanjang yang sangat keras dan berat,” paparnya. Ritus budaya rencananya akan dihadiri juga oleh salah satu anggota DPR RI Komisi VII, Wakil DPRD Provinsi Jawa Barat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur dan tokoh seniman budayawan dari Cianjur, Bandung, Jogjakarta, dan Jakarta.(KC01)*
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ritus Budaya "Gunung Padang" diselenggarakan Hari ini

Trending Now

Iklan

iklan