Iklan

iklan

Sebuah Gerakan Sadar Budaya dan Lingkungan di Gunung Padang

Monday, January 30, 2012 | 11:02:00 AM WIB Last Updated 2012-01-30T04:02:49Z
Situs Gunung Padang Cianjur
TAHUKAH anda bahwa Situs Gunung padang merupakan salah satu situs peninggalan sejarah ribuan tahun silam. Menurut para ahli sejarah dan ahli benda purbakala di perkirakan Situs Gunung Padang di buat pada jaman megalit. Situs Gunung Padang terleak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Situs ini membentuk sebuah bangunan dari jenis batu andesit dengan berbabagai jenis ukuran membentuk balok memanjang yang sangat keras dan berat.
Dalam upaya membangun sebuh gerakan sadar budaya dan lingkungan, Lokatmala Institute, kerja bareng Departemen ESDM-LH PDI Perjuangan DPD Provinsi Jawa Barat, menggagas sebuah ritus budaya 2012 dengan tema "Ngamumule Situs Gunung Padang" (menjaga, mencintai, melesarikan Situs Gunung Padang).
Ketua Lokatmala Institute, Eko Wiwid, mengungkapkan, kegiatan Ngamumule Situs Gunung Padang itu mendapat dukungan dari berbagai oraganisasi seperti Relawan PAL(volunteer gunung gede Pangrango), Saung Aspirasi Banteng Wulung, Komuitas Seni Baraya Anjang-anjangan, Teater Sangkal, Teater Republik Koran, Forum Masyarakat Peduli Situs Gunung Megalith Gunung Padang (FMPSM) , Perceka Art Centre. 
"Ritus Budaya ini Akan dihadiri juga oleh salah satu Anggota DPR RI Komisi VII, Wakil DPRD Provinsi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur dan tokoh seniman budayawan dari Cianjur, Bandung, Jogjakarta, dan Jakarta," ungkap Eko.
Ritus Budaya yang akan di selenggarakan pada tanggal, 28, 29 Januari 2012 di lokasi Situs Gunung padangan ini, merupakan satu bentuk pengikraran dan penghormatan terhadap nilai-nilai budaya leluhur sebagai identitas kedaulatan sumber daya alam.
Kegiatanya sendiri akan dimulai dengan Dialog Budaya dan Lingkungan dikemas dalam obrolan secangkir kopi, akan mebahas tentang identitas kedaulatan sumber daya alam dan louncing buku dongeng tentang Gunung Padang pada tanggal 28 Januari 2012 pukul 13.00 di Yayasan Perceka Art Centre Cianjur.
Selanjutnya acara akan dilanjutkan dengan Ritus Gunung padang dengan penanaman pohon dan mimbar seni pada tanggal 29 Januari 2012 di Lokasi Situs Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kec. Campaka, Kabupaten Cianjur.
"Pada puncak acara ini akan di mulai dengan penanamn pohon endemik seperti pohon Aren/Kawung (arengga pinnata) dan jenis pohon endemik Gunung Gede Pangrango seperti Rasamala,Puspa, Saninten, dan jenis Bambu. Kemudian dilanjutkan dengan pentas mimbar seni kacapi suling (rajah), pencak Silat, pembacaan Puisi, pentas teater dan seni instalasi di puncak Gunung Padang," jelas Eko (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebuah Gerakan Sadar Budaya dan Lingkungan di Gunung Padang

Trending Now

Iklan

iklan