Iklan

iklan

Jantung Penting Untuk Anda, Ubah Kebiasaan Anda

Monday, February 27, 2012 | 11:56:00 AM WIB Last Updated 2012-02-27T04:56:19Z
ILUSTRASI : Terkena Serangan jantung

Saat orang beramai- ramai membicarakan penyakit jantung, sepertinya ini membuat kecemasan tersendiri. Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga fungsi dan keutuhan organ ini seperti di kutip ivillage.com. Beberapa hal berikut dapat membantu Anda mengurangi resikonya, bahkan bagi Anda yang sudah pernah mengalami masalah pada jantung sekalipun. Mulailah mengubah gaya hidup!
- Buatlah hari Anda menyenangkan
Lakukan segala hal yang membuat Anda merasa senang. saat Anda melakukan aktifitas sambil menikmatinya, ini merupakan pengusir stress alami. Sebenarnya tidak diketahui pasti apakah ada relefansi antara stress dan penyakit jantung, tetapi setidaknya suasana hati yang nyaman akan mengurangi resiko tekanan darah tinggi yang berpotensi terhadap jantung. Anda dapat melakuakn apa saja, misalnya membaca buku, jalan- jalan, menonton film, dan yang lainnya. 
- Adopsi kebiasaan sehat
Tidak pernah ada kata terlambat. Mulailah membiasakan diri dengan kebiasaan sehat. Menurut penelitian di Amerika, penyakit jantung yang menyebabkan kematian diakibatkan oleh kebiasaan merokok. Jadi setelah Anda membaca artikel ini, berhentilah merokok.
Selain itu Anda juga perlu merubah pola makan. Jika biasanya Anda banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi, coba beralih dengan memilah bahan makanan yang rendah kolesterol. 
- Olah raga rutin
Barengi kebiasaan sehat ini dengan meluangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang banyak menguras tenaga. Cukup dengan aktifitas fisik ringan saja, sudah mengurangi resiko penyakit jantung. Menurut American Heart Association, olahraga denagn intensitas sedang seperti berjalan kaki yang dilakukan setiap hari dapat memperpanjang umur jantung.  
Bahkan orang yang mulai melakukan olahraga teratur setelah mengalami serangan jantung memiliki tingkat ketahanan jantung yang lebih tinggi. 
- Lupakan pasta
Mulailah melakukan razia di dapur Anda. Singkirkan segala macam pasta yang biasanya menememani sarapan dan makan malam. Lebih baik Anda menggantinya dengan makanan yang banyak mengandung gandum, atau coklat. Biji- bijian ini merupakan sumber vitamin dan mineral. Selain itu juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.   
- Istirahat cukup
Apapun alasan kesibukan Anda, tidur malam harus tetap berkualitas. Selain mengistirahatkan fisik yang sudah seharian beraktifitas, ini juga meningkatkan kesehatan jantung. Menurut penelitian dari National Sleep Foundation, tidur malam yang kurang dari 7 jam dapat meningkatkan tekanan darah. Sedangkan istirahat malam yang kurang dari 5 jam berpotensi pada penyakit jantung.
Jadi usahakan tidur 8 hingga 9 jam setiap malamnya. Jika Anda mengalami kesulitan tidur atau insomnia, coba konsultasikan dengan dokter pribadi untuk mendapatkan jalan keluar, jangan pernah menganggap ini masalah ringan meskipun dengan istirahat yang kurang Anda masih tetap dapat melakukan rutinitas keesokan harinya.
- Sikat gigi
Sesuatu yang sederhana seperti menyikat gigi ternyata juga membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian dari American Academy of Periodontology menyebutkan bahwa orang yang sering mengalami masalah pada gusi rentan menderita jantung koroner. Karena itu disarankan untuk menyikat gigi secara teratur dan melakukan flossing untuk menjaga jantung tetap prima. Sumber : Vivanews.com
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jantung Penting Untuk Anda, Ubah Kebiasaan Anda

Trending Now

Iklan

iklan