Iklan

iklan

Jembatan Cigunung Herang Sering Telan Korban

Sunday, February 26, 2012 | 6:05:00 AM WIB Last Updated 2012-02-27T03:22:28Z
Jembatan Cigunung Herang yang sering menelan korban
KabarCianjur-Cikalongkulon; Pemkab Cianjur didesak untuk segera memperbaiki jembatan gantung Cigunung Herang di Kampung Cigunung Herang, Desa Cigunung Herang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. Pasalnya jembatan yang menghubungkan Kampung Bojongkole dengan Talaga itu kondisinya sudah  nyaris ambruk.
Warga yang memaksa melintasi jembatan gantung yang alasnya menggunakan kayu itu harus ekstra hati-hati bila tidak ingin terjatuh ke sungai. Selama ini jembatan gantung itu seringkali menelan korban, tidak jarang warga yang melintas terjatuh kebawah. Meski tidak sampai menelan korban jiwa, namun kondisi tersebut membuat ketakutan warga.
Banyak warga yang terpaksa menerobos aliran sungai kawatir kalau melintas jembatan akan jatuh. Akibatnya tidak jarang warga yang menggunakan kendaraan bermotor, tiba-tiba motornya mogok karena kemasukan air sungai.
Kepala Desa Cigunung Herang Umar Sumarta mengakaui banyak warga yang telah menjadi korban jembatan saat melintas terjatuh kesungai. Selama tahun 2012 ini tercatat sudah tiga orang warga yang sudah menjadi korban.
"Memang tidak ada korban jiwa. Tapi jumlah korban yang terjatuh sudah sangat banyak. Jika tak segera dibangun jembatan permanen, kami khawatir korban akan terus bertambah," tutur Umar, Sabtu (25/2).
Menurutnya, beberapa tahun lalu jembatan sempat roboh tersapu banjir bandang sungai Cidadap. Namun warga dengan dana swadaya, bahu membahu memperbaiki jembatan itu. “Tapi karena dana terbatas, ya perbaikannya pun seadanya," katanya.
Wilayah Desa Cigunung Herang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bogor, menurut Umar, memang terkesan ditelantarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dalam hal pembangunan. Tidak hanya infrastruktur jembatan, tapi juga jalan.
"Tidak kurang 23 kilometer jalan desa belum tersentuh pengaspalan. Diaspal juga waktu zaman dulu, hingga kini belum pernah diaspal lagi. Kami mengharapkan pemerintah bisa memerhatikan pembangunan di desa kami," kata Umar.
Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur Cep Buldan mengaku akan mendorong pemerintah untuk segera merenovasi jembatan di Desa Cigunung Herang, sebab dikhawatirkan akan banyak korban yang terjatuh jika terus dibiarkan seperti itu.
"Kita akan upayakan agar jembatan itu bisa direhabilitasi. Kasihan warga di wilayah ini, karena jembatan merupakan akses utama warga setempat. Kalau terus dibiarkan bisa saja menelan korban jiwa kalau terpaksa digunakan," kata Cep Buldan (KC-02)***.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jembatan Cigunung Herang Sering Telan Korban

Trending Now

Iklan

iklan