Iklan

iklan

PSSI Harus Bertanggung Jawab Atas Kekalahan Memalukan Indonesia

Thursday, March 1, 2012 | 11:37:00 AM WIB Last Updated 2012-03-01T04:37:46Z
Benny Dolo
KabarCianjur- VIVAbola - Mantan pelatih tim nasional Indonesia, Benny Dolo, menegaskan PSSI harus bertanggung jawab atas kekalahan memalukan Indonesia 0-10 dari Bahrain pada Pra Piala Dunia 2014, Rabu 29 Februari 2012.

Pada laga terakhir Grup E putaran ketiga PPD 2014 yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, gawang Indonesia yang dikawal kiper Andi Muhammad Guntur kebobolan sepuluh gol tanpa balas. Ini adalah kekalahan terburuk Indonesia di pentas internasional sejak dilumat Denmark 0-9 pada laga persahabatan di Copenhagen, 3 September 1974.

Benny Dolo menilai kekalahan telak dari Bahrain sudah bisa diprediksi sebelumnya. Pelatih yang akrab disapa Bendol tersebut berkaca pada skuad yang dimiliki pelatih Aji Santoso saat ini.

"Kekalahan ini sudah bisa diprediksi sebelumnya. Artinya, pertandingan ini sudah bisa dilihat hasil akhirnya melihat materi pemain baru yang diturunkan," kata Bendol saat dihubungi VIVAbola, Rabu 29 Februari 2012.

Mantan pelatih Persita Tangerang dan Persija Jakarta itu pun menyesalkan keputusan PSSI yang mengubah komposisi tim untuk menghadapi Bahrain. PSSI tidak menyertakan pemain-pemain berpengalaman dari Indonesia Super League (ISL) yang sebelumnya masih Timnas PPD 2014.

"Para pengurus harus bertanggung jawab karena mereka mengemban amanat bangsa Indonesia. Kekalahan melawan Bahrain ini mencoreng nama kita di pentas sepakbola Internasional. Kita seperti bunuh diri," papar Bendol.

Kendati menelan kekalahan besar, Bendol tetap memuji permainan optimal yang telah ditunjukkan Timnas. Bendol berharap para pemain memetik pelajaran dari kekalahan ini. Pada laga tersebut Indonesia harus bermain dengan sepuluh pemain dan memberi Bahrain empat tendangan penalti.

"Mereka tidak perlu melakukan pelanggaran seperti yang mereka biasa lakukan di Indonesia. Kebiasaan ini harus diubah," tegas Bendol.

Mengomentari kekalahan terbesar sepanjang sejarah Indonesia, Bendol hanya mengatakan, "Silakan tanyakan langsung kepada (Ketua Umum PSSI) Djohar Arifin Husin." (KC01)**VB
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PSSI Harus Bertanggung Jawab Atas Kekalahan Memalukan Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan