Iklan

iklan

Ribuan Anak TK Ikuti Latihan Manasik Haji

Monday, March 5, 2012 | 12:35:00 PM WIB Last Updated 2012-03-05T05:43:51Z
FOTO : Anak-anak sedang latihan manasik haji
KabarCianjur-Jln. Pangeran Hidayatulloh; Sebanyak 1.400 siswa dan siswi Raudhatul Athfal (RA) di wilayah I, II dan VII Cianjur mengikuti peragaan manasik haji yang dilaksanakan di Lapang Prawatasari, Joglo, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, Sabtu, (3/3).
Kendati di bawah terik matahari yang menyengat, namun para peserta begitu antisias mengikuti setiap tahapan pada peragaan manasik haji tersebut, seperti melempar Jumroh, melakukan Thawaf atau mengelilingi replika Ka’bah dan berlari-lari kecil melakukan Sa’i dari “Bukit” Safa dan Marwah.
Salah seorang koordinator kegiatan, Eva Manfaatin mengatakan, peragaan manasik haji merupakan agenda rutin IGRA Kab. Cianjur yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Kegiatannya sendiri dilaksanakan di seluruh wilayah Kab. Cianjur.
Mengingat jumlah siswa RA di seluruh wilayah Kab. Cianjur mencapai belasan ribu, maka pihaknya menggunakan system per wilayah dalam melaksanakan manasik haji tersebut. Untuk kegiatan kali ini, sebut Eva diikuti puluhan RA dari wilayah I, II dan VII.
“Kita berharap, melalui kegiatan ini tentunya dapat tumbuh dalam diri peserta (siswa RA, red) semangat keimanan dan kecintaan kepada agama yang tentunya harus dipupuk sejak dini ini, salahsatunya melalui kegiatan semacam ini,” ungkap Eva di sela kegiatan, kemarin.
Selain itu, sambung dia, kegiatan tersebut merupakan pendidikan dasar dan pengenalan tentang rukun Islam yang kelima kepada anak usia dini agar sedari dini dapat memahami dan mengerti tentang kewajiban menunaikan ibadah haji.
“Insya allah melalui kegiatan ini dapat memupuk keimanan dan ketakwaan para murid terhadap Allah Swt dan patuh menjalankan segala ajaran agama,” ucapnya penuh harap.
Pelaksanaannya sendiri, dikatakan Eva dikemas layaknya pelaksanaan haji yang sesungguhnya, yakni diawali dengan prosesi keberangkatan dari tanah air hingga tiba di Jeddah. Dalam kegiatan tersebut, peserta dibagi ke dalam beberapa kloter yang terdiri dari masing-masing RA yang ada di wilayah III Cianjur. Semua peserta diwajibkan memakai baju ikram berwarna putih-putih.
“Di sini peserta belajar melaksanakan rukun haji, seperti mengelilingi Ka’bah (thawaf), Sa’i, Wukuf di Padang Arafah, dan melempar jumrah,” pungkasnya.
Sementara salahseorang guru pembimbing, Nadia Safitri mengatakan, kegiatan tersebut dapat memberikan pengalaman berharga bagi para peserta didiknya. Karenanya, setiap kali peragaan manasik haji digelar, sekolahnya tidak pernah absen.
“Ini (manasik haji, red) tentunya dapat menjadi pengalaman berharga bagi para peserta termasuk para siswa kami. Melalui kegiatan ini, mereka akan mengetahui dan merasakan seperti apa ibadah haji di tanah suci itu,” tutur Nadia (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ribuan Anak TK Ikuti Latihan Manasik Haji

Trending Now

Iklan

iklan