Iklan

iklan

71 Rumah di Cibokor Porak Poranda Disapu Puting Beliung

Wednesday, April 4, 2012 | 6:19:00 PM WIB Last Updated 2012-04-04T11:26:43Z
Seorang warga tengah menyingkirkan dahan pohon yang roboh menimpa rumahnya akibat terhempas puting beliung (dokumentasi/KC)
Cibeber (KabarCianjur) - Sedikitnya 71 rumah yang tersebar di empat Kampung yakni Kampung Puncaksalam, Lampegan, Wanarasa, Padaasih, dan Kampung Baru Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Selasa (3/4) petang, porak poanda diterjang angin puting beliung. Bahkan satu rumah diantaranya milik Cece (43) warga Kampung Wanarasa RT 01/RW 04 ambruk rata dengan tanah.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja kerugian materi ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Para korban yang rumahnya rusak, untuk sementara waktu diungsikan ke rumah tetangga terdekatnya.
Informasi yang berhasil dihimpun, Rabu (4/4) menyebutkan, peristiwa angin puting beliung yang memporak porandakan puluhan rumah itu terjadi berbarengan dengan turunnya hujan. Tidak lama berselang, datang angin kencang yang meliuk liuk menghempaskan bangunan yang dilewatinya.
Sekretaris Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Yudi Nugraha (39) membenarkan adanya bencana puting beliung menerjang wilayahnya. Hasil dari pendataan sementara, terdapat 71 bangunan yang mengalami kerusakan. Tiga bangunan yang rusak di antaranya mushala dan sekolah.
"Dari 71 bangunan yang mengalami kerusakan, terdapat satu bangunan SD yakni SDN Cibitung II di Kampung Lampegan RT 03/RW 12 yang bagian atapnya rusak parah. Saat ini sudah diperbaiki oleh pihak sekolah, karena mendesak untuk digunakan kegiatan belajar," kata Yudi, Rabu (4/4).
Menurutnya, dari kerusakan yang ditimbulkan akibat sapuan angin puting beliung rata rata menimpa bagian atap rumah, terutama genteng rumah yang beterbangan. Beberapa warga yang rumahnya rusak sudah mulai memperbaikinya.
"Saya sudah laporkan peristiwa ini ke Kecamatan untuk ditindak lanjuti. Kalu mengenai kerugian pastinya kami belum bisa menaksir, tapi perkiraan mencapai puluhan juta rupiah," tegasnya.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Yad Ahyad mengatakan, pihaknya mengaku sudah melakukan assesment dilokasi bencana angin puting beliung di Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber.
"Kami menunggu laporan resminya dari kecamatan dan akan kami teruskan ke BPBD Provinsi Jawa Barat dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kami juga sudah menyalurkan bantuan logistik berupa beras sebanyak 75 kilogram dan mie instan sebanyak 10 dus," tegasnya (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 71 Rumah di Cibokor Porak Poranda Disapu Puting Beliung

Trending Now

Iklan

iklan