Iklan

iklan

Jembatan Munjul Ambrol, Tak Kunjung di Perbaiki

Sunday, April 1, 2012 | 6:16:00 PM WIB Last Updated 2012-04-01T11:23:58Z
Jembatan Kampung Munjul Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur yang ambrol masih belum diperbaiki
Cugenang (KabarCianjur) - Jalan menuju Kampung Longkewang, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur nyaris putus akibat jembatan Kampung Munjul roboh dimakan usia. Masyarakat yang melintas diatas jembatan tersebut merasa was-was kawatir terjebur ke sungai akibat jalan diatas jembatan sangat sempit.
Kondisi tersebut diperparah, tidak adanya penerangan jalan diatas jembatan, membuat warga harus ekstra hati-hati jika melintas diatas jembatan. Untuk pengamanan sementara, warga hanya memasang pagar bambu diatas jembatan yang roboh.
"Pemasangan pagar bambu atas inisiatif warga saja, karena kami kawatir kalau ada warga dari luar Desa Gasol yang belum hafal kondisi jalan, bisa-bisa terjatuh ke sungai karena tidak tahu jembatannya roboh. Makanya warga memasang bambu sebagai peringatan agar siapa saja yang melintas diatasnya agar berhati-hati," kata Dedi (35) seorang warga.
Sekretaris Desa gasol, Kecamatan Cugenang, Angga Kartiwa (30) mengaku, robohnya jembatan Kampung Munjul itu terjadi sudah satu bulan lebih. Pihaknya menduga karena kondisi jembatan sudah udzur sehingga tidak kuat menahan beban hingga mengakibatkan roboh.
"Jembatan Kampung Munjul ini merupakan akses fital bagi masyarakat di Kampung Longkewang. Ada tujuh RT di kampung tersebut yang warganya terpaksa harus memutar arah bila ingin bepergian ke Cianjur dengan menggunakan kendaraan roda empat," kata Angga.
Pihaknya mengaku, begitu jembatan tersebut roboh langsung melaporkan ke pemerintahan tingkat Kecamatan Cugenang. Namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda untuk diperbaiki. "Saya sudah laporkan baik secara lisan atau tertulis atas robihnya jembatan di Kampung Munjul tersebut. Tapi sampai saat ini belum ada tanda-tanda adanya perbaikan dari pemerintah," kata Angga.
Keberadaan jembatan Kampung Munjul menurut Angga, sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang berada di Kampung Longkewang Desa Gasol, Kecamatan Cugenang yang mayoritas sebagai petani.
"Bila masyarakat Kampung Longkewang ingin mengangkut hasil bumi dengan menggunakan kendaraan, terpaksa saat ini harus memutar arah menggunakan jalan lain. Jelas saja ini akan menambah ongkos angkutnya bila dibandingkan melewati jembatan Kampung Munjul," tegasnya.
Pihaknya hanya berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki jembatan Kampung Munjul, karena keberadanya sangat dibutuhkan. "Kalau tidak segera diperbaiki bisa saja jalan yang tersisa amblas. Sebagai peringatan, warga saat kerjabakti sengaja memasang pagar bambu diatasnya, agar siapa saja yang melintas bisa lebih berhati-hati," katanya (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jembatan Munjul Ambrol, Tak Kunjung di Perbaiki

Trending Now

Iklan

iklan