Iklan

iklan

Ratusan Kios dan Los di Pasar Cibeber Terbakar

Wednesday, April 25, 2012 | 6:23:00 AM WIB Last Updated 2012-04-24T23:23:11Z
CIBEBER, (KabarCianjur).- Ratusan kios dan los Pasar Cibeber, Kabupaten Cianjur, Selasa (24/4) sekitar pulul 20.00 WIB terbakar. Belum diketahui persis asal sumber api, tapi kuat dugaan berasal dari arus pendek listrik dari salah satu kios. Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, hanya saja kerugian materi ditaksir mencapai Rp 1 milyar lebih.
Menurut keterangan saksi mata, Yana (32), warga Desa Songgong Wetan, Kecamatan Cibeber mengatakan, dia melihat kobaran api berasal dari tengah-tengah pasar dan langsung membesar. "Saat itu saya tengah berada diluar rumah, tidak sengaja melihat kearah pasar ada kobaran api diareal tengah pasar. Padahal pasar sudah pada tutup sekitar pukul 19.00 WIB. Karena penasaran saya mendekat, ternyata pasar yang terbakar," kata Yana dilokasi kebakaran.
Hanya saja pihaknya tidak bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran. Warga menduga kebakaran lebih disebabkan adanya unsur sabotase mengingat adanya pro dan kontra diantara pedagang terhadap rencana pemindahan pasar.
"Kami sangat menyesalkan tindalan dari pemadam kebakaran yang lamban, kami sudah kontek 40 menit setelah terjadi kebakaran, tapi datangnya lamban, itupun hanya satu kendaraan dalam kondisi kosong harus ngisi air dulu," paparnya.
Dugaan adanya sabotase juga diungkapkan seorang pedagang yang kiosnya ikut tebakar, Benang (48). Menurutnya dugaan pedagang tersebut melihat kondisi bahwa api berasal dari tengah-tengah area pasar yang justru tidak ada kiosnya. "Ini baru dugaan, kami menginginkan ada identifikasi dan penyidikan terhadap penyebab kebakaran," katanya.
Sementara itu, hembusan angin yanh cukup kencang membuat api semakin membesar dan membakar ratusan kios dan los di Pasar Cibeber. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api agar tidak menjalar ke kios lainya. Namun tak urung ratusan kios dan los musnah terbakar rata dengan tanah.
Seacara terpisah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengaku belum bisa menaksir kerugian pastinya akibat kebakaran tersebut. Dari jumlah 186 kios dan ratusan los, 60 persen musnah terbakar.
"Kerugian pastinya belum kita taksir, hanya saja perkiraan mencapai Rp 1 milyar lebih. Bisa saja jumlah tersebut akan bertambah setelah nanti dihitung kerugianya oleh petugas ahlinya," kata Himam saat dihubungi terpisah.
Untuk para korban kebakaran, menurut Himam, akan diupayakan untuk direlokasi. "Kita akan bicarakan besuk mengenai relokasinya kemana. Yangg pasti para pedagang yang menjadi korban kebakaran semuanya akan direlokasi," jelasnya (KC-02)***.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Kios dan Los di Pasar Cibeber Terbakar

Trending Now

Iklan

iklan