Iklan

iklan

Dahlan : Konsep CSR BUMN Harus Ciptakan Pasar Bagi Binannya

Friday, May 4, 2012 | 1:27:00 PM WIB Last Updated 2012-05-04T06:28:30Z
WARUNGKONDANG (KC) Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan konsep Corporate Social Responsibility (CSR) terutama BUMN harus mulai bergeser dari pengembangan binaan ke penciptaan pasar bagi para binaannya. Hal ini akan menjadikan dana CSR lebih efektif.
Menurutnya, dengan perubahan konsep ini, para petani dan usaha yang dibina BUMN dan swasta dapat dimaksimalkan. "Proses produksi hingga pemasaran yang terkendali akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya usai berdialog langsung dengan masyarakat Desa Tegalega. Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Saat ini produksi di berbagai setor dampingan dana CSR cendrung meningkat dengan kualitas yang terus membaik. Namun, kendala yang muncul adalah sektor distribusi dan pemasaran berbagai produk. Hal ini yang selalu menjadi keluhan petani dan pengusahaan binaan CSR pada saat dialog berlangsung.
“Akibatnya produksi melimpah namun tidak memberikan nilai tambah bagi petani dan pengusaha. Sulitnya jaringan dan sistem pemasaran menjadikan harga jual tidak jauh berbeda atau bahkan hasil produksi tak terserap pasar,” ujar Dahlan.
Dahlan menyampaikan peluang bagi petani dan kelompok usaha untuk mendapatkan bantuan CSR cukup besar. Mereka harus mulai menata dan mempelajari sistem administrasi. Hal ini penting karena administrasi adalah masalah yang sering menghambat realisasi dana CSR kepada masyarakat.(Vivanews-KC05)**

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dahlan : Konsep CSR BUMN Harus Ciptakan Pasar Bagi Binannya

Trending Now

Iklan

iklan