Iklan

iklan

TKI Asal Cianjur Diintimidasi Oknum Petugas Bandara Soekarno Hatta

Sunday, May 27, 2012 | 10:15:00 PM WIB Last Updated 2012-05-27T15:15:35Z

CIANJUR (KC) Seperti diberitakan Mediaindonesia.com Sejumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Cianjur, mengaku diintimidasi saat tiba di Terminal IV Bandara Selapanjang Soekarno-Hatta.
Sejumlah TKI yang baru pulang dari negara Timur Tengah itu mengaku dipaksa untuk menukarkan uang real bawaannya pada sejumlah orang yang diduga petugas bandara setempat.
Bahkan mereka mengaku sempat mendapatkan perlakuan tidak senonoh dari beberapa petugas tersebut. Suryati binti Abad Saripudin, 36, warga Kampung Hamerang, Desa Hegarmanah, Cibinong, Cianjur, Minggu (27/5), membenarkan hal tersebut.
"Bahkan mereka sempat mengerayangi tubuh saya. Saya tidak tahu mereka mau mencari apa? Kok sampai ke tubuh?" katanya.
Dia menuturkan, usai digeledah, dua perempuan yang mengaku petugas bandara memaksa untuk menukarkan uang real yang dibawanya kepada petugas tersebut dengan nilai tukar Rp2.200 per real, jauh dari harga tukar sebenarnya.
"Jelas-jelas saya keberatan. Tapi mereka tetap memaksa bahkan menakut-nakuti saya. Katanya, uang dari luar negeri harus ditukarkan di sini sesuai aturan," kisahnya.
Dia mengaku terpaksa menukarkan uang sebesar 7.250 real hasil jerih payahnya bekerja di Arab Saudi itu. Selain dirinya, Suryati menyebutkan, sejumlah TKI lainnya mendapatkan hal serupa.
"Selain mengalami kerugian materi, harga diri saya seperti direndahkan. Mereka memandang saya dan teman-teman TKI seperti sapi perahan," ucapnya.
Hal senada disampaikan Masitoh binti Amin, 34, TKI asal Kecamatan Pagelaran, dan Ai Halaimah binti Jarkasih, 29, TKI asal Kecamatan Cugenang, Cianjur, mengaku mengalami hal serupa.
"Ancaman yang kami rasakan saat mereka memeriksa barang bawaan sampai ke bagian tubuh. Meskipun di luar negeri kami tidak terancam, tapi ketika pulang ke negara sendiri kami diperlakukan seperti ini," katanya. (Ant/OL-5/KC06)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TKI Asal Cianjur Diintimidasi Oknum Petugas Bandara Soekarno Hatta

Trending Now

Iklan

iklan