Iklan

iklan

Tim Peneliti Gunung Padang Temukan Pintu Masuk Bangunan

Saturday, June 2, 2012 | 6:54:00 AM WIB Last Updated 2012-06-01T23:55:03Z
CIANJUR, (KC).- Hasil penelitian sementara di situs megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur ditemukan pintu masuk menuju bangunan Gunung Padang. Pintu masuk tersebut diperkirakan tingginya mencapai lima meter dengan lebar dan panjang 7,3 meter. Demikian dikatakan Staf Ahli Presiden Bidang Bencana dan Bantuan Sosial Andi Arif disela kunjungan silaturahmi dengan Paguyuban Pasundan Cianjur, Jum'at (1/6) malam.
Menurut Andi, tim terpadu yang telah dibentuk pihaknya telah melakukan penggalian di sejumlah titik. Hasilnya dibawah Gunung Padang ditemukan adanya bangunan. Selain itu, juga ditemukan pintu masuk menuju bangunan tersebut. "Hanya saja kami belum bisa memastikan bangunan yang ditemukan dibawah situs Gunung Padang ini belum kami ketahui awalnya dari peradaban mana," ujarnya.
Untuk menindak lanjuti temuanya tersebut, pihaknya mengaku tidak akan melakukan eskavasi sebelum ada urun rembug dari berbagai pihak. Di antaranya, tokoh masyarakat sekitar, budayawan Cianjur, Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Jawa Barat. "Kami hanya memfasilitasi saja, untuk membuka tabir keberadaan Gunung Padang, untuk selanjutnya diserahkan kepada  masyarakat, pemerintah daerah dan Jawa Barat," tuturnya.
Dalam kesempatan itu pihaknya juga membantah adanya rumor yang berkembang bahwa penelitian di Gunung Padang didanai oleh pihak luar. Bahkan kalaupun ada pihak luar yang akan mendanai, pihaknya dengan tegas akan menolaknya. Dana penelitian tersebut jelas Andi, berasal dari dana penelitian bencana alam dengan jumlah Rp 250 juta.
"Dana sejumlah tersebut bukan hanya diperuntukkan bagi penelitian situs megalitikum Gunung Padang saja, tapi juga untuk situs-situs lainya di Indonesia," katanya.
Sementara itu, Ketua Paguyuban Pasundan Cabang Cianjur, Abah Ruskawan mengungkapkan, tim penelitian Gunung Padang yang telah dibentuk Staf Khusus Presiden Bidang Bencana dan Bantuan Sosial, Andi Arief, telah membuka data awal tentang keberadaan Situs Gunung Padang. Andi juga berjanji tidak akan membuka pintu masuk, sebelum ada urun rembug dari berbagai pihak.
"Tim yang dibentuk Staf Khusus Presiden Bidang Bencana dan Bantuan Sosial telah menemukan pembukaan awal. Untuk tindak lanjutnya tinggal bagaimana caranya berbagai pihak dapat urun rembug untuk mengetahui lebih lanjut tentang keberadaan Situs Gunung Padang yang hingga kini terbilang masih misterius ini," paparnya (KC-02)***.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Peneliti Gunung Padang Temukan Pintu Masuk Bangunan

Trending Now

Iklan

iklan