Iklan

iklan

Baru 52 Calon Haji Yang Sudah Melapor Melunasi Pembiayaan ke Urusan Haji Kementerian Agama

Thursday, July 26, 2012 | 4:19:00 PM WIB Last Updated 2012-07-26T11:01:27Z


Kepala Seksi (Kasi) Urusan Haji Kementerian Agama Cianjur, Hipni (berdiri) tengan memeriksa berkas pelunasan
calon jemaah haji Cianjur, Kamis (26/7/2012)


CIANJUR, (KC),- Baru sekitar 52 calon jemaah haji Kabupaten Cianjur yang sudah melapor melunasi pembiayaan ke kantor Kementerian Agama (Kemenag) Cianjur, Kamis (26/7). Padahal jumlah calon jemaah haji yang direncanakan akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah mencapai 1.323 orang.


Kepala Seksi (Kasi) Urusan Haji Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, Hipni didampingi pegawainya Mamat Slamet Kurniawan, mengatakan, para calon jemaah haji diberi kesempatan untuk melunasi seluruh biaya dengan dua tahap. Tahap pertama dibuka untuk pelunasan biaya haji mulai 26 Juli-16 Agustus 2012. Jika pada waktu yang diberikan masih belum bisa melunasi akan diperpanjang waktunya mulai 27-31 Agustus 2012.


" Apabila masih terdapat sisa kuota kedua diberi kesempatan untuk melunasi mulai tanggal 3-7 September 2012. Jika masih ada yang tidak melunasi pada tahap pertama akan menjadi atau masuk waitinglist," kata Hilmi saat ditemui di kantornya, Kamis (26/7). 


Pihaknya mengakui, akibat sistem tersebut ada anggapan disebagian masyarakat bahwa ada permainan dalam pemberangkatan calon jemaah haji. "Padahal sebenarnya sama sekalai didaerah tidak ada permainan. Masalah siapa yang berangkat semuanya sudah ditentukan dari pusat dan datanya online serta sistemnya juga sudah di protect sedemikian rupa," jelasnya.


Sementara itu, berdasarkan data yang ada di Kementerian Agama Cianjur, dari 6.900 calon jemaah haji yang sudah mendaftar, sebanyak 600 orang merupakan usia lanjut yakni usia diatas 60 tahun. Sedangkan calon jemaah haji yang diatas usia 80 tahun jumlahnya mencapai 43 orang."Prosentasenya sekitar 40 persen pendaftar calon jemaah aji usia lanjut dan paling banyak calon jemaah haji usia 40-60 tahun," tegasnya.


H. Yayen seorang calon jemaah haji asal Karangtengah mengaku bisa berangkat setelah mendaftar jauh-jauh hari. "Saya daftarnya sudah lama, makanya bisa berangkat. Banyak teman-teman yang baru-baru pada daftar harus nunggu hingga 2017. Saya bersyukur insya allah tahun ini berangkat," katanya (KC-02)**.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Baru 52 Calon Haji Yang Sudah Melapor Melunasi Pembiayaan ke Urusan Haji Kementerian Agama

Trending Now

Iklan

iklan