Iklan

iklan

Tender Pasar Induk Pasir Hayam Diduga Bermasalah

Wednesday, July 11, 2012 | 4:35:00 PM WIB Last Updated 2012-07-11T09:35:50Z
Pasar Induk Pasir Hayam Cianjur, (Foto:radarsukabumi)
CIANJUR,(KC),- Tender (lelang) pembangunan Pasar Induk Cianjur, Jawa Barat, dengan pagu Rp 19.424.000.000 ternyata bermasalah. Diduga, ada aliran dana dari perusahaan tertentu untuk memenangkan lelang tersebut kepada oknum-oknum pejabat di tubuh Pemkab Cianjur.
Seperti diberitakan Suara Karya, Beberapa pimpinan perusahaan yang ikut mendaftarkan menjadi peserta lelang terpaksa pada tahap pemasukan penawaran tidak melakukan penawaran karena merasa pesimistis. Mereka menduga sudah ada calon pemenangnya yang diduga pula telah menyetorkan uang pelicin Rp 1 miliar yang diserahkan dua tahap kepada oknum pejabat tertentu.
Sekretaris Panitia Lelang Pasar Induk Cianjur pada Dinas Tarkim (Tata Ruang dan Permukiman) Kabupaten Cianjur, Agus Nurdin M, ketika dikonfirmasi , membantah isu itu. "Kami selaku panitia lelang melaksanakan lelang sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya.
Ketika menjawab pertanyaan tentang waktu pelaksanaan pengerjaan pembangunan Pasar Induk yang berlokasi di Jebrod/Pasir Hayam, karena ada kekhawatiran tidak akan selesai tepat waktu, Agus optimistis bahwa hal itu akan selesai tepat waktu, yaitu pada 10 Desember 2012.
"Kami optimistis, meskipun pemenang lelang hingga saat ini masih belum diumumkan, dan masih dilakukan evaluasi oleh panitia, diharapkan bulan Agustus ini pengerjaan proyek tersebut sudah dapat dilaksanakan," kata Agus.
Dijelaskan, perusahaan yang mendaftar ikut lelang pembangunan Pasar Induk sebanyak 20 perusahaan. Namun, pada tahap pemasukan penawaran, hanya 4 perusahaan yang memasukkan penawaran, yaitu perusahaan dari Jakarta, Bandung, dan Tasikmalaya.
"Sedikitnya perusahaan yang memasukan penawaran, mungkin mereka terbentur dengan persyaratan-persyaratan, sehingga tidak memasukan penawaran," tuturnya.
Lelang pembangunan Pasar Induk Jebrod/Pasir Hayam yang dilaksanakan tahun 2012 ini merupakan tahap kedua. Tahap pertama sudah dilaksanakan pembangunannya. Jika pasar itu selesai dibangun, para pedagang Pasar Induk yang berlokasi di Jalan Suroso, nanti akan direlokasi ke Pasar Induk yang baru.(KC06/Suarakarya)***
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tender Pasar Induk Pasir Hayam Diduga Bermasalah

Trending Now

Iklan

iklan