Iklan

iklan

Pasca Lebaran, Pemohon Kartu Kuning Naik 300 Persen

Thursday, August 30, 2012 | 4:32:00 AM WIB Last Updated 2012-08-29T22:42:26Z


Kabid Bina Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Kab. Cianjur R. Finy Hikmat Fatkhudin Bastari tengah memeriksa berkas
CIANJUR, (KC).- Pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah, terjadi lonjakan pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja atau Kartu Kuning (AK1) di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur. Bahkan lonjakannya mencapai 300 persen.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, H. Sumitra melalui Kepala Bidang Bina Ketenagakerjaan R. Finy Hikmat Fatkhudin Bastari mengatakan, dalam kondisi normal pemohon Kartu Kuning hanya mencapai sekitar 50 orang per hari. Sehingga pelayanan bisa dilakukan lebih cepat.

"Setelah libur lebaran ini terjadi lonjakan pemohon yang sangat signifikan hingga mencapai 300 persen. Kondisi tersebut dipengaruhi adanya beberapa perusahaan yang membuka kesempatan untuk penerimaan karyawan. Ada diantaranya pada awal bulan September yang membutuhkan karyawan hingga 2.000 orang," kata Finy, Rabu (29/8).

Akibat banyaknya pemohon Kartu Kuning, pihaknya terpaksa mengalihkan tempat pelayanan ke ruang aula Dinsosnakertrans. Tidak hanya itu, jumlah pegawai yang menangani pembuatan Kartu Kuning juga lebih diintensifkan, terutama dengan memberdayakan anak-anak sekolah yang tengah melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

"Kalau dalam hari-hari biasa masih bisa dibuka pendaftaran sampai pukul 14.00 WIB, semenjak membludak pemohon waktu pendaftaran dimajukan penutupanya menjadi pukul 12.00 WIB. Pertimbangannya dengan pendaftaran ditutup pukul 14.00 WIB saja, penyelesaian pembuatan Kartu Kuning bisa selesai sampai pukul 16.00 WIB, apalagi kalau pendaftarnya membludak," katanya.

Membludaknya pemohon Kartu Kuning dirasakan sejak Senin (27/8). Hingga saat ini terus mengalami lonjakan. Namun demikian Finy mengaku tidak bisa memprediksikan sampai kapan lonjakan terjadi. "Kami tidak bisa memprediksi, karena setiap saat ada caker (calon tenaga kerja). Selain itu banyaknya lulusan yang tidak melanjutkan seperti SMK dan Perguruan Tinggi, otomatis mencari pekerjaan," katanya (KC-02)**.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasca Lebaran, Pemohon Kartu Kuning Naik 300 Persen

Trending Now

Iklan

iklan