Iklan

iklan

30 Desa Ajukan Proposal, Hanya 10 Desa Yang Dapat Bantuan Desa Peradaban

Wednesday, September 19, 2012 | 6:42:00 PM WIB Last Updated 2012-09-19T11:42:13Z
Syahdan Firmansyah
CIANJUR, (KC).- Hanya 30 desa dari 360 desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Cianjur yang mengajukan untuk mendapatkan bantuan Desa Peradapan dari Provinsi Jawa Barat pada tahun 2012. Dari jumlah tersebut hanya 10 desa saja yang akhirnya mendapatkan bantuan Desa Peradapan senilai Rp 1 milyar per desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Ketahanan Pangan Daerah (BPMD-KPD) Kabupaten Cianjur, Arief Purnawan melalui Syahdan Firmansyah Bidang Pembangunan Desa mengatakan, untuk menentukan desa yang mendapatkan bantuan Desa Peradaban semuanya kewenangan pemerintah provinsi. Hasil dari ferivikasi yang dilakukan pihak provinsi Jabar, pada tahun 2012 ini di Kabupaten Cianjur hanya ada 10 desa yang layak mendapatkan bantuan.

"Saat ini ke 10 desa yang mendapatkan bantuan sudah menerima dana sebesar 60 persen dari jumlah bantuan sebesar Rp 1 milyar. Dana bantuan tersebut 60 persennya dipergunakan untuk pemberdayaan ekonomi perdesaan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan sisanya untuk kegiatan fisik," kata Syahdan saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (19/9/2012).

Untuk mendapatkan sisa pencairan yang 40 persen dari Pemprov Jabar, desa penerima bantuan harus bisa melaksanakan pekerjaan pada pencairan tahap pertama sebesar 40 persen. "Kalau pelaksanaan untuk tingkat desa dari rekening desa disampaikan kepada Bumdes dan pengelola pekerjaan perhitungannya 40 persen, 40 persen dan 20 persen. Sampai saat ini pekerjaan secara umum baru mencapai 40 persen," katanya.

Ke 10 desa yang mendapatkan bantuan Desa Peradaban dari Provinsi Jabar tersebut empat desa berada diwilayah utara yakni Desa Ciherang Kecamatan Karangtengah, Desa Panyusuhan Kecamatan Sukaluyu, Desa Gunungsari Kecamatan Ciranjang, Desa Neglasari Kecamatan Bojongpicung. Sementara enam desa diwilayah selatan adalah Desa Sukajadi Kecamatan Campaka, Desa Cisujen Kecamatan Takoka, Desa Giri Jaya Kecamatan Pasir Kuda, Desa Cimaskara Desa Cibinong, Desa Pusakasari Kecamatan Leles, dan Desa Karangwangi Kecamatan Cidaun.

Sebelumnya Kabupaten Cianjur hanya mendapatka bantuan Desa Peradapan dari Pemprov Jabar sebanyak 6 Desa. Itupun terjadi pada tahun 2010 silam. "Untuk tahun 2011 Cianjur tidak mendapatkan bantuan Desa Peradaban, semua kreteria yang menentukan Pemprov Jabar. Ke 6 desa tersebut adalah Desa Kademangan Kecamatan Mande, Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Desa Cipendawa Kecamatan Pacet, Desa Rahong Kecamatan Cilaku, Desa Batulawang Kecamatan Cibinong dan Desa Haurwang Kecamatan Haurwangi," tegasnya (KC-02)**.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 30 Desa Ajukan Proposal, Hanya 10 Desa Yang Dapat Bantuan Desa Peradaban

Trending Now

Iklan

iklan