Iklan

iklan

Wabub Cianjur H. Suranto Dampingi Tim Penilai Lomba UKS Tingkat Wilayah II Bogor tahun 2012 di SMPN 2 Cipanas

Sunday, September 23, 2012 | 4:46:00 AM WIB Last Updated 2012-09-22T21:46:14Z
Wakil Bupati Cianjur H. Suranto didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Endang Suhendar
CIANJUR, (KC).- Untuk memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswa, para siswa dan siswi harus memiliki pengetahuan. Selain itu sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpratisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah serta dengan UKS  akan mengenal pembelajaran pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan penyuluhan lingkungan sehat di sekolahnya, akan menjadi modal untuk meraih prestasi.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Cianjur, H. Suranto saat mendampingi Tim Penilai Lomba UKS Tingkat Wilayah II Bogor tahun 2012 di SMPN 2 Cipanas. Ikut dalam rombongan diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, endang Suhendar, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Niswan Purwenti, perwakilan dari  Kantor Bagian Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan, Kepala Bagian Sosial, Kesehatan, Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi  Ucup supriadi ditamihardja, Direktur Akper Cianjur Sri Kurniasih serta Muspika setempat.

Ketua Tim Penilai Lomba UKS, Sardju Bindarun, mengutarakan bahwa standarisasi untuk lomba UKS tahun ini tidak beda dengan tahun-tahun sebelumnya diantaranya ruang UKS, sarana dan prasarana seperti perlengkapan ruang UKS, obat-obatan P3K, tempat cuci tangan, kebersihan kamar mandi dan WC, sarana pendidikan, pakaian dan sepatu siswa serta kulit, kuku, rambut, telinga dan gigi siswa yang menjadi standar penilaian lomba UKS.

"Tim Penilai dibagi kebeberapa sekolah serentak untuk meninjau dan menilai. Dengan lomba UKS mulai dari tingkat Taman kanak-kanak sampai tingkat SLTA bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan keberlangsungan pelaksanaan pendidikan oleh masyarakat diperlukan upaya pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah, dan akan diumumkan pemenang I sampai juara ke lima nantinya," kata Sardju

Tim penilai meninjau lingkungan sekolah tersebut sekaligus melaksanakan wawancara kepada Kepala Sekolah bahwa pembinaan UKS merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat peserta didik dan upaya peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM).

"Program ini (UKS) senantiasa dapat meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih, sehat dan derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dilingkungan sekolah dapat terwujud sehingga situasi belajar mengajar menjadi nyaman," katanya (KC-02)**.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabub Cianjur H. Suranto Dampingi Tim Penilai Lomba UKS Tingkat Wilayah II Bogor tahun 2012 di SMPN 2 Cipanas

Trending Now

Iklan

iklan