Kader Posyandu
CIANJUR, (KC).- Sedikitnya 3.000 kader Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) mengikuti Jambore Posyandu tingkat Kabupaten Cianjur yang dilaksanakan di  Kebun Raya Cibodas-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (KRC-LIPI), Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Selain kader Posyandu, jambore tersebut juga diikuti oleh sekitar 336 peserta lainya dari petugas Puskesmas, Camat dan beberapa Organisai Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Cianjur, H. Tjetjep Muchtar Soleh di sela menghadiri kegiatan Jambore Posyandu mengatakan, penyelenggaraan Jambore bagi kader posyandu ini, merupakan ajang silaturahim, ajang tukar informasi dan berbagi pengalaman lapangan para kader. Melalui jambore para kader dapat lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan motivasi dalam mengelola posyandu, yang pada akhirnya akan lebih meningkatkan kepercayaan diri dan semangat dalam mengabdikan diri sebagai kader posyandu.

"Kegiatan Jambore Kader Posyandu ini merupakan implementasi dari visi dan misi Kabupaten Cianjur yaitu mewujudkan masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan berakhlaqul karimah dan untuk   mewujudkan harapan – harapan masyarakat Cianjur terutama dibidang pembangunan kesehatan. Maka dari itu diperlukan partisipasi dan dukungan penuh dari berbagai pihak, sesuai dengan peran masing – masing," kata bupati.

Keberadaan posyandu menurut bupati, sangat mendukung dan mempunyai kontribusi yang besar dalam pencapaian tujuan pembangunan. Selain sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam upaya preventif dan promotif, keberadaan posyandu juga memberikan kontribusi yang besar dalam pencapaian cakupan imunisasi. 

"Berkat upaya dan dedikasi para pejuang sejati yang berada di garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang selama ini disebut sebagai kader posyandu, selaku bupati saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada para kader posyandu, atas perjuangannya selama ini dalam mendukung dan berperan aktif dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Cianjur," tegasnya.

Tjetjep berharap para kader posyandu dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas dalam rangka mendukung akselerasi pembangunan kesehatan. "Melalui jambore ini pula para kader akan mendapatkan pengetahuan dan menambah mutu pelayanan kepada masyarakat, sehingga tercipta para kader yang berdedikasi, berpengetahuan tinggi dan pada akhirnya dapat menularkan ilmunya untuk kader lainnya dan masyarakat pada umumnya," katanya.

Secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, H. Gusti Otwin Ariono mengungkapkan, salah satu digelarnya Jambore Kader Posyandu ersebut tidak lain untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Cianjur. "Pemerintah selama ini telah banyak mengupayakan pembangunan kesehatan, mulai dari pembangunan fasilitas kesehatan, penyediaan tenaga yang memadai sampai pada peningkatan kompetensi sumber daya kesehatan," katanya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.