CIANJUR, (KC).- Belasan peserta yang mahir tilawatil qur'an dan hafidz qur'an mengikuti Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) yang dilaksanakan di masjid Agung Cianjur, Jalan Siti Jenab, Selasa (18/12/2012). Hasil dari seleksi tersebut nantinya akan diikutsertakan dalam STQ tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2012.

Ketua Panitia STQ ke II tingkat Kabupaten Cianjur tahun 2012, H. Cecep Sobandi mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakan STQ tidak lain untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan Al-qur’an pada masyarakat. Selain itu juga sebagai sarana pembinaan dan peningkatan prestasi bagi para qori/qoriah serta hafidz/hafidzah.

"Kegiatan ini juga merupakan langkah-langkah untuk mempersiapkan dan membina para peserta untuk STQ tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2013 yang juga merupakan bagian dari sarana dakwah dan syiar islam di Kabupaten Cianjur," katanya.

Secara terpisah Bupati Cianjur mengungkapkan, pelaksanaan STQ ini merupakan momentum yang sangat tepat sebagai upaya meningkatkan ketaqwaan dan refleksi diri terhadap keimanan. Kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan pemahaman isi yang terkandung dalam Al-qur’an sekaligus sebagai upaya pengamalan nilai nilai ajaran agama, khususnya untuk membentuk kepribadian muslim yang berahlakul karimah.

"Makna STQ bukanlah soal kalah atau menang, STQ dapat dimaknai sebagai ajang mempererat ukhuwah islamiyah, saling kenal dan mempelajari kelebihan masing-masing. Ini cukup penting untuk dilakukan demi membangun kebersamaan sebagai salah satu modal pembangunan," kata Tjetjep.

Pihaknya berharap, para peserta STQ tingkat kabupaten ini, dapat mendorong tumbuh dan kembangnya minat baca Al-qur’an di kalangan generasi muda. "Semangat itu hendaknya dijadikan langkah untuk meraih sebuah harapan bersama, yakni mewujudkan masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan berakhlakul karimah," tegasnya.

Sementara itu pelaksanaan STQ tersebut akan diselenggarakan mulai tanggal 18 hingga 20 Desember 2012. Adapun cabang dan golongan yang masuk dalam kategori seleksi diantaranya cabang tilawah golongan anak-anak, cabang tilawah golongan dewasa dan cabang hifdzil qur’an terdiri dari golongan 1 dan 5 juz tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.