CIANJUR, (KC).- Setiap kecamatan memiliki data kependudukan yang selalu diperbaharui setiap bulannya. Dalam tataran pelaksanaan masih saja terjadi persoalan ketidakakuratan data yang disebabkan oleh berbagai macam hal yang tentunya bersumber dari akurasi pencatatan dan pelaporan dari tingkat desa/kelurahan.

Demikian ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Bachrudin Ali saat menyerahkan data agregat kependudukan per kecamatan diwilayah Kabupaten Cianjur kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur di pendopo Cianjur, Jum'at (28/12/2012). "Dengan demikian diharapkan data yang ada merupakan data yang paling mutahir yang dapat dipertanggungjawabkan," kata Sekda.

Dikatakan Sekda, akurasi data akan semakin penting ketika di laksanakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk kepentingan yang lebih luas. Untuk itulah diharapkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang melakukan pencatatan kependudukan harus benar–benar memiliki data yang akurat.

"Kita harapkan data kependudukan di Kabupaten Cianjur khususnya data yang dipergunakan menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013 lebih baik daripada data yang dipergunakan pada pemilihan umum sebelumnya. Ini semua tidak terlepas demi mendukung kelancaran pelaksanaan Pilgub," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, H. Hilman Kurnia Rahdiana, mengungkapkan data agregat hasil integrasi dari adminduk Kemendagri di Jakarta adalah jumlah penduduk di Kabupaten Cianjur yang di ambil dari Disdukcapil pada pertengahan tahun 2012.

Setelah di adakan integrasi data ganda dan data anomali hasilnya berjumlah 2.106.117 orang. "Untuk menyempurnakan data agregat hasil integrasi tersebut maka kami sertakan juga data agregat Disdukcapil Kabupaten Cianjur yang diambil saat ini berjumlah 3.120.425 orang. Kami telah melakukan konfirmasi ke adminduk Jakarta baik melalui surat maupun datang menghadap jawabannya adalah bahwa data agregat tersebut harus segera disampaikan ke KPU Kabupaten Cianjur," paparnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.