Agus Haris
CIANJUR, (KC).- Sosialisasi terhadap pencegahan penyebaran virus H5N1 atau avian influenza (AI) atau Flu burung di Kabupaten Cianjur saat ini terus digencarkan. Seluruh Puskesmas diwilayah Kabupaten Cianjur menjadi salah satu ujung tombak sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Cianjur Niswan Purwenti melalui Kabid Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL), Dinkes Cianjur, Agus Haris mengatakan, meski di wilayah Kabupaten Cianjur, belum ada laporan terkait kematian unggas atau terinveksinya virus flu burung terhadap manusia, pihaknya terus melakukan sosialisasi pencegahan.

“Kami bekerjasama dengan PMI yang mendapatkan bantuan dari Usaid, dan terus melakukan sosialisasi. Meskipun di Cianjur belum pernah ada kasus tersebut, upaya pencegahan dengan sosialisasi bahaya flu burung terus kami lakukan," katanya.

Sampai saat ini di Kabupaten Cianjur belum ditemukan penularan flu burung ke manusia. Hanya sempat ada beberapa unggus yang positif terjangkit flu burung. "Kalau kemanusia belum ada, memang sempat ada dua warga yang suspect flu burung, tapi setelah dirujuk kepada rumah sakit yang menangani masalah flu burung, keduanya negatif," tegasnya.

Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur, telah menyiapkan ruangan isolasi, yang diperuntukan pasien flu burung. Hal tersebut, berdasarkan intruksi Kemetrian Kesehatan (Kemenkes), bahwa setiap Rumah Sakit di daerah, harus memiliki ruangan khusus untuk pasien flu burung.

“Kami sudah siapkan ruangan isolasi, bahkan semua peralatan pun sudah siap, meskipun pasien tersebut tidak ada di Cianjur. Ini sebagai langkah antisipasi jika sampai ada warga yang suspect flu burung," katanya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.