CIANJUR, (KC).- Sedikitnya 120 anak dari berbagai wilayah di Cianjur dikhitan secara massal dan 250 orang dari keluarga kurang mampu mendapatkan pelayanan pemeriksaan geratis yang diselenggarakan oleh Yayasan FP2C di Jalan Siti Boededar Kaum Cianjur, Kamis (3/1/2013). Kegiatan bhakti sosial tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan Yayasan Forum Perencanaan Pembangunan Cianjur (FP2C) kepada masyarakat.

Ketua Panitia Kegiatan Bhakti Sosial FP2C, Bakhtiar, mengatakan, kegiatan bhakti sosial berupa khitanan massal dan pemeriksaan kesehatan geratis tersebut dilaksanakan selama satu hari. Adapun salah satu tujuannya untuk mengupayakan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu kerja sama antara pemerintah dengan berbagai lembaga bantuan kesehatan untuk mengakomodir masyarakat agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang kami lakukan. Kami mengadakan kegiatan amal khitanan massal gratis dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat. Untuk suksesnya kegiatan tersebut kami dibantu oleh empat orang dokter dan beberapa perawat," kata Bakhtiar.

Secara terpisah Wakil Bupati Cianjur Suranto yang hadir dalam kegiatan bhkati sosial yang diselenggaran FP2C mengatakan, mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Untuk itulah perlu dibiasakan untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat salah satunya dengan menggunakan air bersih untuk keperluan sehari–hari.

"Waspadai genangan air yang ada dilingkungan kita, karena bisa menjadi tempat pertumbuhan kuman penyakit dan sarang nyamuk yang bisa membahayakan kesehatan," kata Suranto yang juga berprofesi sebagai seorang dokter.

Pada kesempatan tersebut wakil bupati memberikan arahan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu Wabub juga mensosialisasikan Jaminan Kesehatan Masyarakt (Jamkesmas) sebagai salah satu program untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Dengan adanya Jamkesmas masyarakat harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Apabila ingin mendapatkan pelayanan kesehatan atau berobat gratis, segera periksakan diri ke puskesmas terdekat namun apabila penyakitnya cukup parah harus diberi surat rujukan dari puskesmas untuk berobat di RSUD Cianjur, masyarakat jangan khawatir mengenai biaya, karena untuk penanganan  biaya pengobatan dan lain sebagainnya sudah ditanggung oleh pemerintah atau negara,” ujarnya.

Kesehatan memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kelancaran berbagai aktifitas sehari-hari terutama bagi para aktifis muda yang bekerja keras membangun masa depan agar sesuai dengan harapan. Namun kesehatan fisik dapat juga mengalami gangguan dikarenakan pola makan yang tidak teratur, kurang istirahat, dan situasi kondisi lingkungan buruk serta perilaku dan kebiasaan yang kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan.

"Untuk melakukan tindakan pencegahan penyakit alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal penting diantaranya, membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan, menggunakan air bersih dan menyehatkan, pola makan yang teratur, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan lingkungan, dan  mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menyehatkan," tegasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.