CIANJUR, (KC).- Kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Cianjur sepanjang 2012 cenderung mengalami kenaikan. Perlu penanganan serius, salah satunya dengan semakin gencarnya melakukan sosialisasi, terutama ke sekolah-sekolah tingkat SMP. 

Demikian ditegaskan Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur Yana Rosdiana, Jum'at (25/1/2013). "Kegiatan sosialisasi, khususnya di kalangan pelajar diharapkan dapat menekan angka kekerasan terhadap anak," kata Yana.

Dengan dilakukan sosialisasi mengenai pencegahan tindak kekerasan terhadap anak diyakini kasus kekerasan bisa semakin ditekan. Masyarakat sudah semakin sadar atas hak-haknya yang harus mereka dapatkan. "Masyarakat sudah mulai sadar dan berani melaporkan kasus yang menimpanya, baik kepada kepolisian maupun kepada kami (P2TP2A)," katanya.

Menurut Yana, diambilnya para pelajar tingkat SMP sebagai objek sosialisasi bukan tanpa alasan. Selama ini ada kecenderungan kasus kekerasan yang menimpa anak remaja semakin meningkat. "Sebenarnya sosialisasi ini sudah kita laksanakan sejak 2007 silam, hanya saja waktu itu lebih kepada pelajar setingkat SMA. Tapi sekarang kita lebih fokus ke pelajar tingkat SMP. Karena banyak kasus yang ditemui dengan korban rat-rata anak usia SMP, maka, mereka juga menjadi sasaran sosialisasi,” tegasnya.

Sementara itu, Bidang Hukum P2TP2A Cianjur Lidya Umar menyebutkan, berdasarkan data yang ada sepanjang 2012 jumlah kasus kekerasan terhadap anak, seperti pencabulan dan persetubuhan, mencapai 52 kasus. Para pelaku kebanyak berasal dari lingkungan luar korban, seperti teman dekat atau teman yang kenal melalui jejaring sosial.

"Seringnya kita melakukan sosialisasi rupanya sudah membawa dampak positif dengan menurunya laporan kasus kekerasan. Tapi tetap kita terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk terus menekan terjadinya tindak kekerasan terhadap anak. Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri," katanya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.