CIANJUR, (KC).- Akibat hujan deras yang mengguyur kawasan wisata Cipanas, pencarian korban yang masih tertimbun longsor tumpukan sampah dari tebing Babakan Cisarua, Kampung Tugaran, Desa/Kec. Cipanas, Sabtu (19/1/2013) sekitar pukul 15.30 WIB terpaksa dihentikan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) Kab. Cianjur meminta semua tim gabungan yang melakukan pencarian untuk menghentikan aktivitas.

Kondisi tersebut dilakukan mengingat cuaca sangat tidak mendukung. Selain derasnya guyuran hujan, tebing diatas longsoran sangat rentan terjadi longsor susulan. Pencarian akan kembali dilanjutkan pada Minggu (20/1/2013) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kepala BPBD Kab. Cianjur, Asep Achmad Suhara mengatakan, kalau pencarian dalam kondisi cuaca yang tidak mendukung dilanjutkan sangat berbahaya bagi keselamatan. Selain sewaktu-waktu longsor terjadi, kemungkinan datangnya banjir bandang juga mengancam keselamatan.

"Lokasi timbunan longsor ini berada dilembah dengan kedalaman ratusan meter. Apalagi didekat material longsoran sampah ini adalah sungai Babakan Cisarua yang sewaktu-waktu airnya bisa membesar jika terjadi hujan deras dihulu.  Kondisi ini sangat berbahaya untuk dilanjutkan proses pencarian korban, kita hentikan sementara dan dilanjutkan besuk," kata Asep saat dihubungi di lokasi longsor.

Untuk membantu proses pencarian terhadap korban yang masih tertimbun longsor tumpukan sampah itu, pihaknya mengerahkan setidaknya 15 orang pegawai BPBD yang sudah terlatih. Diharapkan proses pencarian korban tertimbun longsor ini bisa ditemukan secepatnya.

"Memang medannya cukup sulit, untuk sampai kepada material longsoran harus menempuh jalan terjal dengan menurunin lembah. Kalau tdak hati-hati sangat berbahaya, karena kalau sampai terjatuh bisa-bisa nyemplung ke jurang. Mudah-mudahan untuk besuk ada titik terang," katanya.

Sementara itu pihak keluarga korban meminta agar pencarian terhadap korban yang masih terkubur longsoran dilakukan sampai ketemu. "Sebagai keluarga tentu kalau boleh meminta, kami hanya ingin pencarian terhadap korban dilakukan sampai ketemu. Mudah-mudahan saja dikabulkan," kata Siti Robiah (41) adik korban.

Diberitakan, lima orang pekerja hotel yang tengah membetulkan saluran air, Jum'at (18/1/2013) diterjang longsor tumpukan sampah dari atas tebing setinggi 100 meter. Dua pegawai berhasil menghindar, sementara tiga lainya terpental jatuh kedasar jurang bersama tumpukan sampah.

Dua orang yakni Haryono (50) dan Umar (50) meski sempat tertimbun berhasil diselamatkan oleh warga dengan mengalami luka-luka. Sementara Acep (52) hingga saat ini belum berhasil ditemukan. Korban diduga kuat masih tertimbun tumpukan sampah (KC-02)**.

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.