CIANJUR, (KC).-  Untuk meningkatkan pemahaman tentang hukum bagi masyarakat, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Cianjur (LBHC) akan segera menggelar Karya Latihan Bantuan Hukum (Kalabahu)  Cianjur angkatan I tahun 2012-2013. Kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan selama dua hari mulai Jum'at-Sabtu (15-16/2/2013) di Kantor YLBHC Jalan Siti Boededar No. 128 Cianjur.

Ketua YLBHC O. Suhendra didampingi Ketua Panitia Kalabahu, Selly Nurdinah mengatakan, Kalabahu Cianjur angkatan I tahun 2012-2013 merupakan suatu program pendidikan atau kegiatan pelatihan bantuan hukum singkat yang dilaksanakan YLBHC. Program Kalabahu tersebut ditujukan bagi para mahasiswa hukum, Lembaga Bantuan Hukum (LBH), dan masyarakat umum yang berminat untuk mengikuti pelatihan bantuan hukum.

"Nantinya para peserta diharapkan dapat memahami seputar permasalahan-permasalahan hukum yang terjadi disekitar. Sehingga dapat memberikan solusi dan bantuan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan," tegas O. Suhendra, diruang kerjanya, Selasa (12/2/2013).

Menurut pria yang akrab di sapa Aab itu, Kalabahu diharapkan juga dapat menjadi bekal bagi para peserta untuk mengikuti rekruitmen pekerja bantuan hukum atau sebagai kaderisasi hukum pada YLBHC atau YLBH lainya yang berada dibawah naungan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

"Materi yang akan diberikan kepada para peserta diantaranya untuk hukum akan diberikan teori Hak Asasi Manusia (HAM) dan hukum progresif, tekhnis penyelesaian perkara perdata/pidana dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), problematika hukum dalam perburuhan di Indonesia, pembuatan berkas dan situasi penegakan hukum di Indonesia," katanya.

Selain itu para peserta juga akan dibekali tentang non hukum semisal sejarah gerakan buruh dan tani, sejarah LBH termasuk mengenai perkembangan YLBHC dan Bantuan Hukum Struktural. "Pematerinya kami datangkan dari berbagai latar belakang, termasuk kita juga hadirkan dari YLBHI Jakarta," tegasnya (KC-02)**.


Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.