CIANJUR, [KC].- Memasuki H+3, Minggu (11/8) kawasan wisata Puncak Cipanas dipadati ribuan pengunjung. Mereka datang kebanyakan berasal dari luar Cianjur seperti Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Akibatnya ruas jalan disepanjang kawasan wisata Cipanas sangat padat. Bahkan kemacetan acap kali terjadi.

Untuk mengurai kepadatan, Kepolisian Resort Cianjur bekerja sama dengan Bogor memberlakukan jalan satu arah pada jam-jam tertentu. Meski demikian volume kendaraan yang tidak sebanding dengan ruas jalan yang ada, tetap saja dibeberapa titik rawan terjadi antrian kendaraan.

Berdasarkan pantauan, para pengunjung yang datang kekawasan wisata Puncak Cipanas yang dikenal berhawa sejuk memanfaatkan liburan lebaran Idul Fitri dengan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada dikawasan wisata Cipanas seperti Kawasan Wisata Cibodas (KWC) yang menawarkan beberapa objek wisata seperti Kebun Raya Cibodas-LIPI, dan Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BTNGGP).

Selain itu objek wisata yang juga tidak kalah menarik dan menyedot perhatian pengunjung adalah Taman Bunga Nusantara (TBN), Kota Bunga dan Green Aple. Objek wisata tersebut sejak hari H Lebaran Idul Fitri sudah mengalami peningkatan kunjungan.

Kawasan Wisata Cibodas termasuk objek wisata yang paling diminati oleh pungunjung dalam menghabiskan libur lebaran bersama keluarga. Sejag H+1 lebaran, peningkatan jumlah pengunjung sudah terlihat, terutama yang masuk ke Kebun Raya Cibodas-LIPI.

Menurut petugas Kebun Raya Cibodas-LIPI, Bunyamin, jumlah pengunjung mengalami peningkatan setelah H+1 lebaran. Berdasarkan data resevasi tiket, pada paska lebaran, tanggal 8 Agustus 2013 tercatat sebanyak 2.143 orang masuk ke Kebun Raya Cibodas. Sementara jumlah kendaraan baik bus maupun minibus terdata 370 kendaraan.

Pada hari Jum'at (9/8) atau H+1 lebaran, jumlah pengunjung yang masuk ke Kebun Raya Cibodas mencapai 5.200 orang dengan jumlah kendaraan mencapai 647 kendaraan. Sedangkan pada H+2 lebaran, Sabtu (10/8) jumlah pengunjung yang masuk ke Kebun Raya Cibodas mencapai 13.674 orang dengan jumlah kendaraan mencapai 672 kendaraan.

"Kami perkirakan puncak kunjungan pada libur lebaran ini terjadi pada Sabtu dan Minggu. Itu bisa terlihat dari penjualan tiket masuk yang ada. Kondisi seperti ini biasa terjadi pada lebaran-lebaran seperti pada tahun sebelumnya," kata Bunyamin, Minggu (11/8).

Untuk menghadapi libur lebaran, tidak ada persiapan khusus, hanya menyiagakan semua petugas, terutama dilayanan tiket dan keamanan serta kebersihan. "Sudah terbiasa seperti ini, tidak ada persiapan khusus, semuan berjalan sesuai yang telah ditentukan," katanya.

Hal tidak jauh berbeda juga terjadi pada objek wisata yang ada di kawasan villa estate. Seperti Kota Bunga Cipanas. Jumlah pengunjung mengalami pengingkatan baik penghuni villa maupun wisatawan.

"Jumlah kunjungan meningkat seperti pada liburan-liburan lebaran sebelumnya. Mereka kebanyakan pemilik villa yang menghabiskan liburan lebaran bersama keluarganya. Tapi ada juga pengunjung dari luar yang sengaja datang untuk melihat-lihat dan berwisata," kata Estate Manager Kota Bunga Franky Komonang secara terpisah.

Sementara arus lalu lintas yang menuju beberapa objek wisata dikawasan wisata Cipanas terpantau sangat padat. Petugas kepolisan yang berjaga terlihat kwalahan mengatur arus lalu lintas. Diprediksi hari Minggu (11/8) merupakan puncak kunjungan di kawasan wisata Puncak Cipanas Cianjur [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.