CIANJUR, [KC].- Dalam sepekan terakhir, sebanyak 101 warga Cianjur telah mendaftar ke Mapolres Cianjur sebagai calon Bintara Polri tahun 2014. Mereka yang mendaftar terdiri dari 58 orang laki-laki dan 43 orang perempuan yang merupakan lulusan dari SMA/SMK dan MA.

Kabag Sumda Polres Cianjur, Kompol Agus Suhendar mengatakan, dalam penerimaan pendaftar Bintara Polri pihaknya tidak membatasi jumlahnya. Mengingat hingga sampai saat ini belum mendapatkan jatah atau besaran kuota dari Mabes Polri maupun dari pihak Polda Jabar khusus untuk wilayah hukum Polres Cianjur.

"Sepertinya penentuan kuotanya ditentukan dari animo masyarakat yang mendaftar. Kalauu pendaftarnya banyak tentunya kuotanya akan lebih besar. Tapi sampai saat ini belum ada penentuan kuotanya, kita fokus dulu pada penaftaran agar bisa sebanyak-banyaknya," kata Agus.

Penerimaan Bintara Polri tersebut tidak terlepas dari kebutuhan Polri yang masih kurang ideal. Di wilayah Cianjur sendiri hingga saat ini jumlah Polri masih kurang ideal bila dibandingkan dengan jumlah penduduknya.

"Faktanya memang belum idel, kalau melihat standar yang ada, estimasi seorang anggota polisi dengan warga itu harus 1 berbanding 350 orang. Namun kenyataannya masih jauh. Saat ini di Cianjur saja diperkiakan 1 berbanding 1.900 orang, jika jumlah warga Cianjur sekitar 2,2 juta jiwa," jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya penerimaan Bintara Polri tersebut bisa mengurangi kekurangan personil Polri, minimalnya untuk bisa mendekati ideal. "Makanya kita terus melakukan pola kemitraan masyarakat dalam menjaga kamtibmas. Lagipula, sejatinya tanggungjawab kamtibmas itu bukan menjadi tugas polisi semata, namun juga menjadi tanggungjawab bersama," tegasnya [KC-02/f]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.