Iklan

iklan

Kabupaten Cianjur Dapat Penghargaan Dari Kemenkum HAM Terkait Desa Sadar Hukum

Thursday, August 21, 2014 | 8:17:00 AM WIB Last Updated 2014-08-21T08:05:17Z
CIANJUR, [KC].- Kabupaten Cianjur mendapatkan penghargaan dalam lomba Desa/Kelurahan Sadar Hukum Tingkat Jawa Barat. Pemberian penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menteri Hukum dan HAM RI Amir Syamsudin di pada tanggal 19 agustus 2014 di Aula Barat Gedung Sate Bandung.

Kepala Bagian Hukum Setda Cianjur Heri Suparjo didampingi Kabag Humas Pemkab Cianjur Mukarom mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini pihaknya terus mensosialisasikan mengenai kesadaran hukum ditingkat desa-desa diwilayah Kab. Cianjur.

"Penghargaan ini merupakan kerja keras semua pihak, masyarakat dan pemerintah berperan aktif dalam kesadaran hukum. Terutama masyarakat memiliki andil besar atas prestasi yang diraih saat ini," kata Heri Suparjo saat dihubungi, Rabu (20/8).

Dikatakan Heri, desa/kelurahan yang meraih penghargaan desa/kelurahan sadar hukum diantaranya  Desa Gunungsari Kecamatan Ciranjang, Desa Ramasari, Desa Mekarwangi, Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi, Desa Sukamulya Kecamatan Karangtengah.

Para tim penilai lomba desa/kelurahan sadar hukum ini kata Heri, terdiri dari berbagai instansi di Jawa Barat yang memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing. Mereka diantaranya berasal dari Biro Hukum Provinsi Jawa Barat,  Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Jawa Barat.

Adapun kriteria penilaian dalam rangka meraih penghargaan lomba desa/kelurahan sadar hukum tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2014 ini mengacu pada peraturan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional No. PHN.03.05.73 tahun 2008 tentang pembentukan dan pembinaan keluarga sadar hukum dan desa /kelurahan sadar hukum.

"Kriteria yang dinilai pada lomba desa/ kelurahan sadar hukum mencakup pelunasan kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), rendahnya perkawinan dibawah umur, rendahnya kasus narkoba, rendahnya angka kriminalitas, tingginya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan serta rendahnya angka putus sekolah wajib belajar," tegas Heri [KC-02]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabupaten Cianjur Dapat Penghargaan Dari Kemenkum HAM Terkait Desa Sadar Hukum

Trending Now

Iklan

iklan