CIANJUR, [KC].- Puluhan kilogram ikan di kolam milik warga di Kampung Salakopi RT 02/RW 14 Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan/Kab. Cianjur pada mati, Senin (1/9g2014). Matinya ikan-ikan milik warga tersebut diduga akibat air kolam mereka tercemar air laut bekas pembuangan air yang dipakai untuk pertunjukkan Lumba-lumba di halaman parkir Hypermart tidak jauh dari perkampungan.

Menurut penuturan Lili (48), matinya ikan-ikan dikolam milik warga tersebut diketahui sekitar pukul 04.30 WIB. Saat itu ia mendapatkan kabar dari tetangganya yang bernama Dahlan (66) yang memberitahukan ikan dikolamnya pada mati. Ia terkejut saat melihat menyaksikan ikan-ikan dikolamnya sudah mengambang.

"Kaget juga saat melihat ikan-ikan sudah pada ngambang dan mati. Biasanya tidak pernah seperti ini. Ternyata airnya berubah asin, akibat pembuangan air laut bekas pertunjukkan lumba-lumba," kata Lili saat ditenui dirumahnya.

Tidak hanya miliknya, kolam-kolam milik warga yang memanfaatkan air dari selokan di jalur Hypermart juga mengalami hal yang sama. "Kayaknya semua kolam yang memanfaatakan air dari selokan Hypermart, ikannya ada mati semua. Airnya berubah menjadi asin. Kita sudah laporkan masalah ini ke ketua RT," kata Lili yang mengaku sekitar 5 kilogram ikan nila dan lelenya semua mati.

Ketua RT 02/RW 14 Kampung Salakopi, Dede Saepul Anwar (44) mengakui, matinya ikan-ikan dikolam warga akibat pembuangan air laut bekas pertunjukan lumba-lumba yang bercampur dengan air yang biasa digunakan warga. Bahkan ikan dikolam miliknya juga tidak luput, semuanya pada mati.

"Yang lapor dan terdata sekitar tujuh orang termasuk milik saya, yakni kolam milik Dahlan (66), Ilyas (90), Anda (52), Bakri (75), Piyan (35) H. Suparman (75). Ada yang sampai 10 kilogram ikannya yang mati," katanya.

Ikan yang mati milik warga tersebut diantaranya ikan lele, gurame dan nila. "Kita atas nama warga meminta tanggungjawab dari pihak pengelola kegiatan pertunjukan lumba-lumba. Kita sedang upayakan untuk mendapatkan ganti rugi," kata Dede [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.