CIANJUR, [KC].-  Sebanyak 20 perwakilan koperasi di Kabupaten Cianjur mengikuti Bimbingan Tekhnis Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kab. Cianjur di Jalan Ariawiratanudatar Cianjur, Kamis (18/9/2014)

Kepala Bidang Koperasi Diskop UMKM Kab. Cianjur, Hidayat Kartadiredja mengatakan, kegiatan Bimbingan Tekhnis RAT tersebut salah satunya bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai perkoperasian menurut Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992. Selain itu juga untuk memberikan pemahaman mengenai peran dan fungsi perangkat atau kelengkapan organisasi dalam koperasi.

"Kegiatan bimbingan tekhnis ini juga sebagai bentuk bagi pelaku koperasi dalam memahami pemeliharaan kesehatan koperasi. Selain itu juga untuk memberikan cara bagaimana mengelola KSP/USP sesuai dengan standar operasional manajemen simpan pinjam," kata  Hidayat didampingi Kepala Seksi Usaha Bina Usaha Koperasi Atep Asikin

Hidayat juga menegaskan, melalui kegiatan Fasilitasi dan Perkuatan KSP/USP/Koperasi Sebagai Pusat Pembiayaan juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai sumber pembiayaan yang dapat diakses oleh koperasi sehingga KSP/USP menjadi sumber pembiayaan kegiatan usaha anggotanya.

"Dengan demikian kita harapkan gerakan koperasi ini dapat tumbuh dan berkembang dengan kemandirianya, sehingga dapat mewujudkan peningkatan taraf kesejahteraan para anggotanya khususnya dan calon anggota serta masyarakat pada umumnya," katanya.

Terpisah Kepala Diskop UMKM Kab. Cianjur, Ridwan Ilyasin mengungkapkan, juga mengharapkan, dengan adanya bimbingan tekhnis RAT bagi koperasi, mereka bisa lebih tahu bagaimana mengembangkan koperasi. "Mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahaun tentang koperasi yang nantinya dapat dilaksanakan di koperasi," kata Ridwan ditemui terpisah.

Menurut Ridwan, koperasi merupakan suatu lembaga ekonomi. Didalamnya ada aktivitas ekonomi dan sosial. "Nah untuk itu harus ada keseimbangan antara usaha dan sosial. Sebagimana dimaklumi koperasi ini sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan taraf kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar yang memnafaatkan koperasi," katanya.

Salah satu hal untuk melihat maju mundurnya suatu koperasi bisa dilihat sejauh mana koperasi tersebut melakukan RAT. "Tentu saja koperasi ini bisa dilihat maju mundurnya, pengurus, pengawas melaksanakan evaluasi. Sarananya yaitu RAT. Karena RAT itu membicarakan program keinginan aggota koperasi, sepeti apa.Itu rencana program kegiatan tahunan," tegasnya.

RAT kata Ridwan merupakan salah satu bentuk evaluasi. Kalau tadak di evaluasi, tidak akan tahu perkembangan seperti apa koperasi tersebut. "Itu fungsinya RAT, dengan RAT akan kelihatan rencana pembiayaan, apa betul kita perlu ada bantuan keluar misalnya pinjaman keperbankan atau pembiayaan lain. Kemudian untuk melyani konsumen yang mana, ini perlu ada analisa," katanya [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.