CIANJUR, [KC].- Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti coaching klinik tentang kewirausahaan yang digelar di aula Kantor Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Cianjur,Selasa (15/10/14). Bersamaan pelatihan tersebut juga dilakukan pengukuhan Paviliun Perkuatan UMKM yang bisa menjadi tempat konsultasi bisnis dan pemasaran.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, Anton Gustoni mengatakan, sejumlah persoalan masih dihadapi oleh para pelaku UMKM di Jawa Barat. Salah satunya mengenai pemasaran yang terbilang belum maksimal.
"Adanya paviliun ini kita harapkan bisa menjadi tempat yang bermanfaat bagi para pelaku UMKM dan koperasi. Bagaimana caranya agar paviliun ini ada aktivitas koperasi dan UMKM. Bisa sebagai tempat pertemuan atau rembug, dimana ada persoalan bisa dibahas, itu bisa dimanfaatkan di pavilun," kata Anton ditemui di Kantor Dekopinda Cianjur.
Pihak bertekad akan menjadikan paviliun penguatan UMKM menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi pelaku koperasi dan UMKM di Jawa Barat. "Untuk mewujudkan itu tidak cukup dengan namanya saja tapi harus ada aktivitas. Tidak hanya political will tapi harus ada poliical extion. Salah satunya membangun faktor graey bagaimana pelaku usaha bisa berkembang dan berdaya," tegasnya.
Koordinator Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kabupaten Cianjur Tintin Nurhadistian mengungkapkan, masih banyak hal yang harus ditingkatkan oleh pelaku koperasi dan UMKM di Cianjur. Tidak hanya masalah pemasaran, tapi juga terkait dengan penguatan kelembagaan.
"Khusus untuk koperasi perlu didorong untuk penguatan kelembagaanya. Karena jika itu sudah dilakukan, masalah permodalan sepertinya tidak akan terlau menjadi hal sulit. Masalahnya sampai saat ini masih banyak yang ingin mendapatkan bantuan tapi lembaganya belum benar-benar siap," kata Tintin
Untuk itulah selaku PPKL, pihaknya berupaya untuk memberikan penyuluhan kepada pelaku koperasi dan UMKM agar bisa lebih maju dan berkembang. "Kita terus berupaya semaksimal mungkin memberikan penyuluhan bagaimana berkoperasi. Memang tidak gampang, tapi perlu kami lakukan," katanya [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.