CIANJUR, [KC].- Sejumlah pegawai dilingkungan Pemkab Cianjur mengikuti kegiatan Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Daerah di Aula Delaga Biru Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Selasa (4/11/2014).
Kegiatan yang dihadiri para pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Cianjur, dan para peserta Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Daerah itu dibuka langsung oleh Bupati Cianjur H. Tjetjep Muchtar Soleh.
Panitia Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Daerah, Neneng Eri Garniasih, mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut tidak lain untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan pengurus barang, melakukan rekonsiliasi data dan meningkatkan mutu serta pengetahuan para peserta dalam mengurus dan menyimpan barang milik daerah.
"Kita ingin dalam pencatatan aset ini benar-benar sesuai dengan ketentuan yang ada. Makanya kami mengundang para peserta yaitu para pengurus barang dari OPD, Kecamatan dan Kelurahan yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur," kata Esih.
Bupati Cianjur H. Tjetjep Muchtar Soleh dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, kekayaan daerah atau barang milik daerah yang dikelola oleh pemerintah daerah mempunyai peran strategis. Oleh karenanya sangatlah penting pertanggungjawaban dalam verifikasi, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian dan pengamanan terhadap barang/aset daerah. Karena kegiatan pengelolaan aset ini mencakup semua pengurusan, pencatatan, pemakaian, pengaturan dan pelaporan mengenai aset seperti diatur dalam permendagri No.17 Tahun 2007 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah.
"Untuk dapat menunjang keberhasilan tata kelola barang milik daerah yang efektif, efisien dan akuntabel, serta laporan yang dihasilkan lebih akurat, diperlukan adanya dukungan, komitmen partisipiasi dan tanggungjawab dari semua pihak," kata Tjetjep.
Tjetjep berharap, peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan sungguh–sungguh, agar dapat mencermati dan melaksanakan segala aturan yang berlaku dalam pengelolaan barang daerah, sehingga dapat memahaminya dengan baik dan melaksanakannya dengan benar. sebab, para pengurus barang merupakan ujung tombak dalam pengelolaan aset daerah.
"Kegiatan pelatihan ini dapat memberikan pemahaman kepada para pengurus barang di seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Cianjur, dalam menyusun laporan pengelolaan aset. dengan demikian akan dapat terwujud tata kelola barang milik daerah yang efektif, efisien dan akuntabel, dan tata kelola aset/barang milik daerah di lingkungan Pemkab Cianjur lebih baik pada masa yang akan datang," harapnya [KC-02/hm]**.



Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!








Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.