CIANJUR, [KC].- Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol M Iriawan akan membentuk tim khusus untuk menelusuri sejarah sejumlah pahlawan tanpa nama yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cigunung Tugu yang berada di Desa Pesawahan,
Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur. Pernyataan tersebut disampaikan saat berziarah ke  68 makam pahlawan tanpa nama tersebut.

"Kita akan membuat panitia khusus untuk menggali sejarah ini. Karena ada pelaku-pelaku sejarah yang masih hodup disini. Seperti yang kita lihat, kita akan testimoni, kita akan cari lagi kita akan gali lagi kita akan angkat bahwa disini ada pahlawan yang cukup banyak dimana pada jaman dulu telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia yang kita cintai ini," kata Kapolda disela kunjungannya ke Takokak, Selasa (28/4/2015).

Ketika disinggung uapaya apa yang akan dilakukan setelah melihat keberadaan puluhan makam pahlawan tanpa nama, Kapolda menegaskan akan segera melakukan revitalisasi makam dan akan diperbaiki kembali, khususnya seperti makam pahlawan lainnya.

"Karena luar biasa ternyata banyak pahlawan yang sudah meninggal pada saat perjuangan menjelang kemerdekaan republik indonesia ada di Cianjur ini," tegasnya.

Sebelumnya, Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti telah melakukan kegiatan bersih-bersih sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang dan jasa pahlawan di lokasi 68 makam pahlawan tanpa nama. Menurut Dedy, pahlawan yang telah gugur di tempat itu merupakan pejuang asal wilayah Cianjur dan Sukabumi yang diciduk oleh penjajah.

"Konon mereka dibawa pakai truk kemudian ditembak oleh tentara Belanda dan mayatnya dibuang begitu saja di sepanjang jalan. Bahkan ada yang dibuang ke dalam jurang atau di dalam hutan. Karenanya, sebagai sebuah penghormatan, kami secara periodik datang untuk membersihkan kompleks makam para pejuang bangsa ini dari rerumputan dan tanaman liar, serta tabur bunga dan berdoa bersama,” ujarnya.

Dikatakan Dedy, ziarah kemakam pahlawan tanpa nama sering dilakukan terlebih pada saat-saat hari jadi Bhayangkara atau TNI. Selain itu, hal serupa juga dilakukan setiap Hari Kemerdekaan dan hari-hari peringatan nasional lainnya.

"Saya sudah instruksikan kepada polsek Takokak, bekerjasama dengan TNI dan warga agar senantiasa melakukan perawatan terhadap tempat ini, karena ini bagian dari sejarah bangsa,” ujarnya [KC-02/gp]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.