CIANJUR,[KC],- Pendidikan karakter memang jadi program prioritas pengembangan sistem pendidikan di Cianjur. Sekolah-sekolah diharapkan bisa menyisipkan program penguatan karakter yang menjunjung tinggi akhlak serta budi pekerti luhur.

SMP Negeri 1 Gekbrong jadi salah satu sekolah yang mampu mengimplementasikan program pendidikan karakter secara komprehensif dan tetap populer bagi siswanya.

“Saya sangat mengapresiasi program pendidikan karakter yang dijalankan di SMPN 1 Gekbrong. Kegiataan seperti membaca Al-Qur’an, peningkatan literasi umum, hingga yang diresmikan hari ini yaitu kebiasaan bersedekah, memang perlu dibiasakan di bangku sekolah,” kata Plt. Bupati Cianjur Haji Herman Suherman saat meresmikan program Sedekah Itu Keren Pisan (Sidakep) milik SMP Negeri 1 Gekbrong, Senin (9/3).

Haji Herman juga mengatakan bahwa program pendidikan karakter yang menarik ini, perlu dicontoh oleh sekolah-sekolah lain. “Kalau ini masif di seluruh sekolah, bisa dijadikan program unggulan kabupaten untuk bidang pendidikan,” kata Haji Herman yang juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan Cianjur Oting Zaenal Mutaqin.



Sebagai satu-satunya SMP negeri di Kecamatan Gekbrong, pihak sekolah sudah memelopori setidaknya dua program pendidikan karakter. Setiap Rabu, ada program Rebo Maca Qur’an (Remiq) yang mewajibkan siswa mengaji Al-Qur’an setidaknya 15 menit sebelum pelajaran pertama.

Dalam rangka peningkatan literasi umum para siswa, tiap hari Kamis SMPN 1 Gekbrong juga menjalankan Kamis Literasi Asyik (Kilas). Para siswa diberi waktu untuk membaca buku pengetahuan umum atau kesusastraan dan membuat rangkuman bacaan mereka tiap Kamis.

Momen kedatangan Haji Herman ke SMPN 1 Gekbrong juga dimanfaatkan dengan meluncurkan program sedekah siswa yang nantinya rutin dilakukan tiap hari Selasa. “Pembentukkan karakter sejak dini ini nantinya akan tersimpan dalam Long Term Memory (LTM) para siswa. Diharapkan menjadi kebiasaan para siswa ketika mereka turun ke masyarakat,” kata Kepala Sekolah SMPN 1 Gekbrong Tuti Susilawati.

Ia juga mengatakan bahwa program ini adalah komitmen sekolah untuk memastikan Cianjur memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkarakter luhur. “Kami juga mengapresiasi Pak Bupati yang sudah berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan,” kata Tuti. [KC.08]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi M, Ahmad Jaelani, MFikri | Produksi TV : Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 089698682683. | CV. PEJUANG SUBUH | YAYASAN KABAR CIANJUR | Dewan Pembina : Sari Yulianti

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.