Iklan

iklan

Bupati Bantah Kebakaran Pasar Cibeber di Sabotase

Wednesday, April 25, 2012 | 9:02:00 PM WIB Last Updated 2012-04-25T14:02:25Z
Bupati Cianjur saat meninjau lokasi kebakaran pasar cibeber
CIBEBER (KabarCianjur).- Bupati Cianjur H. Tjetjep Muchtar Soleh menjanjikan akan kembali membangun pasar tradisional Cibeber yang hangus terbakar. Namun pembangunan tersebut tidak bisa dilaksanakan pada tahun sekarang mengingat sudah memasuki pertengahan anggaran.
"Kita akan upayakan dibangun kembali, tapi sepertinya tidak tahun ini karena sudah memasuki pertengahan anggaran. Apalagi pedagang yang menjadi korban juga bersedia akan membangun sendiri, kami berikan ijin asal jangan permanen dan menunggu proses penyidikan polisi mengenai penyebab terjadinya kebakaran," kata bupati saat ditemui disela meninjau lokasi pasar Cibeber yang terbakar, Rabu (25/4).
Pihaknya membantah kalau penyebab terjadinya kebakaran tersebut akibat sabotase. "Anggapan seperti itu pasti selalu ada setiap ada pasar yang terbakar. Tapi untuk pasar Cibeber tidak ada itu. Memang kita jauh hari sudah merencanakan akan membangunya, karena kondisinya juga sudah kurang layak lagi. Apalagi kalau melihat kepadatan penduduk di Cibeber," kilah bupati.
Secara terpisah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur, Himam Haris didampingi Kepala Pasar Cibeber, Iim Ibrahim mengatakan, hasil pendataan pasca terjadinya kebakaran, jumlah kios dan los yang terbakar mencapai 146 dari sekitar 300 kios. Kios yang terbakar tersebut berada di blok A 40 kios, blok B 45 kios, blok C 11 kios dan los sebanyak 50 los.
"Dari hasil pendataan yang kami lakukan kerugian atas kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp 1,5 milyar, karena tadi juga masih ada pedagang yang melaporkan mengalami kerugian mencapai Rp 300 juta. Sedangkan penyebeb kebakaran dugaan dari arus pendek listrik di kioas milik H. Muhammad dan Ajat," kata Himam.

Jadi Pasar Percontohan
Sebelum terjadi kebakaran, pasar tradisional Cibeber sudah masuk menjadi satu satunya pasar di Cianjur yang akan dijadikan pasar percontohan di Kabupaten Cianjur. Bahkan dari Disperindag Provinsi Jabar sudah melakukan cek lokasi pasar untuk mengecek kelayakan lahan yang akan dijadikan pasar percontohan.

"Pasar percontohan ini program pemerintah, proposal sudak kami sampaikan. Sumber pendanaanya dari Bappenas senilai Rp 10 milyar. Tidak hanya itu, pendanaanya juga bersifat shering dari APBD provinsi dan kabupaten. Mudah-mudahan tahun depan ini sudah dimulai pelaksanaanya," jelas Himam.
Mengenai lahan yang dipersyaratkan sebagai pasar percontohan minimal seluas 5.000 meter, pasar Cibeber sangat layak karena saat ini lahanya mencapai 6.000 meter dan akan ada penambahan lahan seluas 4.000 meter. "Kita tinggal tunggu waktu saja pelaksanaanya," katanya.

LBH Cianjur Prihatin
Penyebab terbakarnya pasar tradisional yang diduga ada unsur sabotase membuat keprihatinan dari LBH Cianjur. Untuk itu LBH Cianjur mendesak agar segera bentuk tim independen untuk melakukan klarifikasi dan pengumpulan bukti dan motivasi dibalik kebakaran pasar tersebut.


"Selain itu penyelidikan Polres Cianjur, utamanya hasil Lab.Forensik agar diinformasikan secara terbuka kepada publik.Mengingat,publik terutama para pedagang pasar tradisonal Cianjur masih trauma atas seringkalinya terjadi kebakaran saat konflik dengan pengembang," kata Direktur LBH Cianjur, Adi Supriadi secara terpisah (KC-02)***. 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Bantah Kebakaran Pasar Cibeber di Sabotase

Trending Now

Iklan

iklan