Iklan

iklan

Ketua RT Se Cianjur Peroleh Dana Hibah Sebesar 10 Juta

Tuesday, April 24, 2012 | 5:03:00 AM WIB Last Updated 2012-04-23T22:03:03Z
Jl. Siliwangi (KabarCianjur) Sebanyak 10.450 ketua rukun tetangga (RT) se-Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memperoleh hibah sebesar Rp 104,5 miliar yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2012. Masing-masing ketua RT memperoleh Rp 10 juta.
Di lain pihak, banyak kalangan masyarakat yang mengkhawatirkan, dikucurkannya dana hibah sebesar itu, dapat mengganggu perbaikan/pemeliharaan infrastruktur, terutama jalan dan jembatan. "Sehingga sejumlah ruas jalan kabupaten dan jalan desa yang mengalami kerusakan pada tahun ini tidak dapat diperbaiki," kata Hasan, salah satu warga Cianjur.
Hal itu disebabkan karena dana APBD Kabupaten Cianjur yang hanya sebesar 35 persen untuk belanja pembangunan tersedot untuk dana hibah para ketua RT yang jumlahnya tidak sedikit.
Sedangkan di tengah-tengah masyarakat muncul kesan, dana hibah itu untuk dibagi-bagi di kalangan pengurus RT. Kucuran dana hibah itu sendiri terkesan sarat dengan muatan politis. Terkait dengan janji bupati pada Pilkada 2011, jika terpilih kembali, akan memberikan bantuan kepada setiap RT sebesar Rp 10 juta.
Bupati Cianjur Drs H Tjetjep Muchtar Soleh, MM, ketika dikonfirmasi seusai membuka bimbingan teknis (bintek) pengelolaan bantuan Rp 10 juta/RT di Bale Rancage,  mengemukakan, pengucuran dana hibah untuk para ketua RT tidak akan mengganggu pembangunan infrastruktur. Sebab, dana untuk infrastruktur masing-masing sudah dialokasikan.
"Mengenai dana Rp 10 juta/RT bukan untuk dibagi-bagikan para pengurus RT, tetapi untuk pemberdayaan dan kepentingan masyarakat, termasuk untuk membantu biaya kesehatan masyarakat," katanya.
Di samping itu, dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki gorong-gorong, gang atau jalan lingkungan. Diserahkannya dana itu, melalui para ketua RT, karena para ketua RT lebih dekat dengan masyarakat dan lebih mengetahui tentang sarana-prasarana yang dibutuhkan masyarakat.
Sedangkan bintek terkait kucuran dana hibah Rp 10 juta/RT dilaksanakan di setiap kecamatan. Dana hibah itu akan cair secara serempak pada bulan Mei 2012 melalui rekening masing-masing desa.(Man-KC-04)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua RT Se Cianjur Peroleh Dana Hibah Sebesar 10 Juta

Trending Now

Iklan

iklan