CIANJUR, (KC).- Replika Ayam Pelung Batik Tertinggi  asli Cianjur yang diselenggarakan disalah satu hotel di Cipanas tercatat dalam rekor Muri Indonesia. Replika ayam pelung dengan spesipikasi ukuran tinggi 7 meter, diameter 4,5 meter dan panjang ekor 3 meter dan lapiasan luarnya diselimuti oleh rangkaian kain batik Perca yang dikumpulkan dari berbagai daerah dan replika ayam pelung ini sangat layak masuk dalam deretan daftar Muri.

"Setelah kita lakukan penilaian, replika ayam pelung ini memenuhi syarat dan ketentuan untuk masuk dalam rekor muri dan kami catat pada susunan nomor 5671. Semoga karya ini bisa menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan eksistensi dan pengembangan seni dan budaya di kabupaten Cianjur," kata Ahmad Syarief perwakilan dari Muri, Jum'at (28/12/2012). 

Salah satu kreteria agar suatu karya bisa masuk dalam rekor muri diantaranya adalah karya tersebut belum pernah ada dan belum pernah dibuat serta dilakukan oleh insan-insan Indonesia. Kemudian penilaian superlatif atau jumlah dan ukuran yang luarbiasa serta unik dan langka.

Kegiatan tersebut juga diwarnai dengan ditampilkannya fashion batik oleh anak-anak sampai remaja pecinta batik, penampilan tarian ayam pelung dan bazar beraneka makanan dan minuman khas Cianjur diantaranya beras Pandan Wangi Cianjur, pakaian batik khas Cianjur, tauco Cianjur, pameran lukisan dan kaligrafi serta hiburan music Cianjuran yang juga menjadi lagi pengiring saat acara belangsung hingga selesai.

Wakil Bupati Cianjur H. Suranto yang hadir pada kegiatan tersebut mengaku merasa bangga dengan para insan seniman dan pemerhati seni dan budaya di Kabupaten Cianjur yang telah berupaya keras untuk membangun seni dan budaya Kabupaten Cianjur secara konsisten untuk lebih maju dan berkembang guna kemajuan pariwisata dan ekonomi masyarakat Cianjur agar lebih sejahtera.

Menurut Wabub, batik adalah warisan budaya Indonesia yang memiliki kekhasan dan keunikan pada sisi ornament dan warnanya. Apabila dikaitkan dengan warisan budaya, batik ini Kabupaten Cianjur membuat sebuah replika ayam pelung yang berukuran besar dan dilapisi kain batik yang berasal dari berbagai daerah untuk memecahkan rekor muri Indonesia.

"Saya berharap dengan tercatatnya Replika Ayam Pelung Asli dari Kabupaten Cianjur pada rekor Muri ini dapat menjadi babak baru dalam upaya membangun seni dan budaya Cianjur dengan bergandengan tangan bersama pemerintah serta pihak swasta laiinya yang peduli akan kearifan lokal agar mampu dikenal masyarakat luas bahkan ke tingkat internasional sehingga menjadi daya tarik tersendiri," tegasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.