ilustrasi
CIANJUR, [KC].-  Alokasi kebutuhan beras untuk rakyat miskin (Raskin) di Kabupaten Cianjur pada tahun 2014 tidak mengalami perubahan. Jumlahnya dalam setiap bulan dialokasikan mencapai 3.165 ton. Jumlah tersebut disalurkan untuk 360 desa/kelurahan yang tersebar di 32 wilayah kecamatan.


Kepala Subdivre Bulog Cianjur Rizal Mulayawan mengatakan,  alokasi raskin tahun 2014 untuk wilayah Kabupaten Cianjur tidak mengalami perubahan  dari tahun sebelumnya. Semua itu diberikan berdasarkan data Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang diberikan oleh Pemkab Cianjur.
“Jumlahnya masih sama seperti dengan tahun sebelumnya yakni sekitar 3.165 ton setiap bulannya. Jumlah tersebut diperuntukkan bagi RTSM yang ada diwilayah 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur,” kata Rizal Jum’at (31/1/2014).

Dikatakan Rizal, pada tahun 2013 alokasi raskin untuk Kabupaten Cianjur ternyata tidak terserap semua dengan berbagai alasan. Berdasarkan data yang ada dipihaknya serapan raskin pada tahun 2013 lalu tidak ada yang mencapai 100 persen.

“Raskin tahun 2013 itu ada yang reguler dan tambahan. Untuk yang reguler hanya terserap sekitar 90 persen yang raskin tambahan untuk raski ke 13 mencapai 100 persen, raskin 14 mencapai 81 persen dan raskin 15 mencapai 41 persen,” katanya.

Pihaknya juga mengaku penyaluran raskin pada tahun 2013 masih menyisakan sejumlah tunggakan. Namun pihaknya tidak mau menyebut jumlah pastinya tunggakan tersebut. “Memang ada tunggakan dari beberapa wilayah, nilainya puluhan juta rupiah. Bagi yang masih memiliki tunggakan pembayaran, terpaksa untuk alokasi raskin bulan Januari belum bisa diberikan,” tegasnya.

Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh mengharapkan,  penyaluran raskin pada tahun 2014 bisa tepat waktu dan tepat sasaran.  Masayarakat yang benar-benar membutuhkan harus bisa tercover untuk bantuan raskin tersebut.

“Kita harapkan alokasi raskin tahun 2014 ini semuanya bis aterserap sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat yang benar-benar membutuhkan bis aterpenuhi. Untuk itu perlu pengawasan dari semua  pihak agar penyaluran raskin ini tepat waktu dan tepat sasaran,” tegasnya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.