CIANJUR, [KC].- Sejumlah Korps Pelatih yang tergabung kedalam Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Pramuka Cianjur, menagih janji Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Budi Rahayu Toyib, terkait dengan Kursus Pelatihan Lanjutan (KPL) bagi anggota pramuka. Hal itu dianggap penting mengingat masih banyak pelatih yang belum ikut KPL. 

Korps Pelatih di Pusdiklatcab Cianjur sekaligus Andalan Cabang Wilayah (Ancawil) 3, Kabul Rosidi mengatakan, semua Pelatih sangat merespon tentang rencana Ketua Kwarcab tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan KPL. Sebab program pada kepemimpinan sebelumnya yakni ziarah Wisata kedaerah daerah dirasakan kurang efektif.

"Alangkah baik apabila alokasi dana ziarah wisata tersebut dipergunakan untuk KPL sebagai lanjutan penuntasan kursus bagi pelatih-pelatih yang ada di Cianjur. Masih banyak pelatih yang memerlukan KPL daripada sekedar wisata ziarah," kata Kabul disela kegiatan Perkemahan Kursus Mahir Dasar di SMAN I Sukaresmi, Senin (24/11).

Dikatakan Kabul, sampai saat ini jumlah pelatih yang tercatat di Pusdiklatcab Cianjur berjumlah sekitar 80 orang. Jumlah tersebut sangatlah kurang jika melihat wilayah Cianjur yang sangat luas.

"Wlayah Cianjur itu sangat luas, ada 32 wilayah kecamatan dengan 360 desa/kelurahan. Untuk mengcover daerah tersebut diperlukan banyak pelatih. Mudah-mudahan mutualismenya dapat berkembang, baik secara kwalitas sumber daya manusianya atau pun kwantitasnya agar tidak hanya isapan jempol belaka. Sehingga sebutan Cianjur sebagai kabupaten pramuka bisa terwujud," tegasnya.

Menurut Kabul, para pelatih selama ini selalu berharap bisa difungsikan sesuai tugas pokok dan funsinya (tupoksi)masing-masing, karena KPL sangatlah penting menyangkut legalitas pelatih. "Ini juga terkait dengan kurikulum 2013, lantaran titik berat pencapaian keberhasilan kurikulum 2013, tak luput dari peran penting pelatih," katanya.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Budi Rahayu Toyib, saat akan dikonfirmasi sedang tidak ada dikantornya. Demikian juga saat dihubungi melalui telpon, belum bisa tersambung [KC-02/tis]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.