CIANJUR, [KC].- Industri pariwisata merupakan salah satu isu utama saat ini selain transportasi, telekomunikasi, dan teknologi. Hal ini berarti, pariwisata menjadi salah satu industri yang tumbuh dominan dan memiliki peran penting dalam aspek kehidupan manusia. Industri pariwisata umumnya didasarkan atas ketersediaan sumberdaya alam seperti udara, daratan dan air.
Demikian ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Cianjur, Oting Zaenal Mutaqin dalam diskusi mengenai potensi pariwisata di Cianjur, Jum'at (13/3/2015). Dikatakan Oting, sumberdaya alam dijadikan obyek sekaligus produk bagi industri pariwisata. Ekosistem alam akan rusak jika perencanaan, pengembangan dan pengoperasiannya tidak diatur dengan pantas.
"Dilain pihak jika dikembangkan secara berkelanjutan, pariwisata dapat menjadi kekuatan positif bagi konservasi lingkungan," jelas Oting.
Menurut Oting, aktifitas pariwisata dapat menjadi alat informasi pengetahuan, mendukung kesatuan ekosistem, memberi keuntungan bagi penduduk, memelihara lingkungan dan menghormati budaya serta tradisi lokal. Hal tersebut dapat dicapai hanya dengan kerjasama antara pemerintah, sektor swasta dan seluruh lapisan masyarakat.
Dengan dukungan semua pihak, lanjut Oting, pihakny meyakini bahwa upaya untuk membangun dan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Cianjur akan dapat terwujud, yang pada akhirnya akan terwujud keterpaduan penyelenggaraan penataan ruang antar daerah, serta berkembangnya perekonomian wilayah yang produktif, efektif dan efisien.
"Harus menemukan formula yang tepat untuk mempercepat kemajuan dan mengatasi kekurangan-kekurangan di dalam pembangunan khususnya pembangunan dan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Cianjur," tegasnya.
Sementara itu salah seorang pengelola wisata di Cipanas, Franky Kumonang mengharapkan, jika pengembangan wisata ingin maju berkembang, sarana infrastruktur jalan harus diperhatikan. Karena berbicara wisata tidak terlepas dengan infrastruktur.
"Jika infrastruktur jalan memadai pariwisata akan maju dan berkembang, pengunjung akan mudah untuk menjangkaunya. Sebaliknya jika infrastruktur tidak memadai, akan berdampak luas termasuk perpengaruh terhadap jumlah kunjungan. Sebaik apapun objek wisata, tapi kalau tidak didukung infrastruktur akan jauh dari pengunjung," tegasnya.
Pihaknya berharap, Pemkab Cianjur bisa memperhatikan sarana infrastruktur jalan yang berada dikawasan wisata utamanya Cipanas. "Kami hanya berharap Pemkab Cianjur memperhatikan jalan yang ada di kawasan wisata, saat ini kondisinya masih kurang memadai bahkan banyak yang rusak," harapnya. [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!







Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.