CIANJUR, (KC).- Menjelang Natal dan Tahun Baru 2013, sejumlah hotel dikawasan wisata Puncak Cipanas, Kabupaten Cianjur sudah banyak yang diboking oleh para wisatawan. Para wisatawan yang kebanyakan datang dari Jakarta itu berencana untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru di kawasan yang berhawa sejuk Cipanas Puncak.

Seperti yang terjadi di Hotel Cianjur dan Hotel Palace. Berdasarkan keterangan dari pihak hotel, beberapa wisatawan sudah mulai memboking kamar hotel untuk libur Natal dan Tahun Baru 2013.

General Manager Palace Hotel, Wiwin Suyasa mengatakan, meskipun kondisi kamar hotel belum banyak yang penuh saat ini, diakuinya untuk pemesanan kamar pada libur natal dan tahun baru sudah mulai rame.Pihaknya memastikan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, mendekati natal dan tahun baru akan mengalami lonjakan.


"Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, biasanya mulai dari tanggal 22 Desember hingga 31 Desember, bisa berada pada full hunian. Sementara, sampai saat ini baru mencapi 65 persen tingkat hunianya," kata wiwin, Rabu (12/12/2012).

Menurut Wiwin, tingkat hunian yang saat ini terjadi di hotel Palace dengan mencapai sekitar 65 persen sudah terbilang luar biasa bila dibandingkan dengan tingkat hunian pada hari biasa-biaya yang hanya mencapai 30 persen.

"Ada kenaikan harga khusus untuk natal dan tahun baru, tapi sebenarnya tidak signifikan. Tapi ada anggapan seolah-olah naik tinggi. Padahal itu sudah termasuk biaya acara seperti festival kuliner dan pertunjukkan budaya lokal lainnya," katanya.

Hal senada juga diungkapkan, salah seorang karyawan hotel Cianjur, Firman (33). Peningkatan hinian di Hotel Cianjur juga sudah mulai dirasakan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2013. Diperkirakan lonjakan hunian akan terjadi pada tanggal 20-31 Desember mendatang. "Memang sudah ada beberapa pengunjung yang sengaja ngeboking kamar hotel untul Natal dan Tahun Baru," katanya.

Hanya saja pihaknya mengeluhkan jalur wisata yang mengarah ke kawasan Cipanas Puncak Cianjur seringkali terjadi kemacetan panjang bila memasuki musim liburan. Kondisi ini menjadi kendala dan berdampak terhadap timgkat hunian hotel.

"Dari pengalaman sebelumnya banyak para tamu hotel yang telah memboking kamar, terpaksa di batalkan akibat kondisi jalan macet total. Ini harus menjadi pemikiran bersama terutama pemerintah agar iklim wisata di Cipanas Puncak Cianjur bisa berjalan normal," harapnya (bm)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.