CIANJUR, (KC).- Setelah berjibaku dengan tumpukan sampah, akhirnya pencarian terhadap korban longsoran sampah yang dilakukan oleh tim gabungan di Kampung Tugaran, Desa Sindanglaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Minggu (20/1/2013) berhasil menemukan korban. Korban ditemukan sekitar pukul 08.30 WIB didalam timbunan sampah sedalam 70 centimeter.

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, pencarian korban longsoran tumpukan sampah memasuki hari ketiga masih difokuskan disekitar puing-puing longsoran yang berdekatan dengan aliran sungai Babakan Cisarua. Tim pencarian yang terdiri dari masyarakat, PMI, Tagana, BPBD, Ormas dan TNI/Polri menyingkirkan tumpukan longsoran sampah dengan peralatan seadanya.

Mereka terlihat masih fokus terhadap lokasi yang sebelumnya pernah diendus anjing pelacak. Benar saja tidak lama berselang setelah melakukan penggalian sampah, sekitar 70 centimeter ditemukan tubuh korban dalam kondisi tersandar diantara tumpukan sampah. Selanjutnya korban dievakuasi dengan cara ditandu.

Butuh waktu cukup lama untuk mengangkat korban dari dasar lembah. Medan yang sangat terjal membuat petugas yang membawa korban dari dasar lembah harus ekstra hati-hati. Kepleset sedikit saja akan berakibat fatal, lantaran medan yang cukup terjal dan berbahaya. Sesampainya diatas korban langsung dilarikan ke RSUD Cimacan untuk dilakukan visum et repertum.

"Kondisi tubuh korban saat ditemukan masih utuh, hanya dibagian mukanya terlihat lebam-lebam bekas terkena benturan. Korban dibawa ke RSUD Cimacan dan dimandikan sekalian. Setelah beres langsung dibawa ke masjid dekat ruumah korban untuk di shalatkan sebelum dikebumikan dipemakaman umum dekat rumahnya," ujar petugas Tagana Kab. Cianjur, Asep Muhsin yang turut menshalatkan korban.

Diberitakan sebelumnya, lima orang pegawai hotel yang tengah memperbaiki saluran air ditebing Babakan Cisarua, Kampung Tugaran, Desa Sindanglaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jum'at (18/1/2013). Tiba-tiba tumpukan sampah yang ada diatas mereka longsor dan menimpanya. Dua orang berhasil lolos dari longsoran. Namun ketiga rekanya terhempas tumbukan sampah dari atas tebing hingga ke dasar lembah.

Dua orang pekerja yakni Umar dan Haryono sempat terkubur sampah sebatas leher. Keduanya berhasil diselamatkan warga. Sementara seorang pekerja lagi bernama Acep terkubur hidup-hidup bersama tumpukan sampah yang longsor kedasar lembah. Sampai akhirnya korban Acep ditemukan tiga hari setelah kejadian dalam kondisi meninggal dunia (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.