Iklan

iklan

Pembobol ATM BJB Diringkus Polisi

Wednesday, March 28, 2012 | 7:17:00 PM WIB Last Updated 2012-03-28T12:31:26Z
Ilustrasi : ATM
Sukaresmi (KabarCianjur) - Jajaran Polsek Sukaresmi Kabupaten Cianjur berhasil meringkus satu dari dua pelaku pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Jabar Banten (BJB) ketika tengah beraksi di mesin ATM Cibadak Trade Centre, Desa Cibadak, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Rabu (28/3).
Dari tangan pelaku teridentifikasi sebagai Asep Septiana (33) warga Kampung Wangunjaya RT 02/RW 07, Desa Ciaruten Hilir, Cibungbulang, Bogor, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa uang senilai Rp 2,9 juta pecahan  100 dan 50 ribu, pistol mainan, hand phone empat buah dan nomor call centre palsu.
Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, terungkapnya kasus pembobolan ATM tersebut bermula dari kecurigaan Satpam atas aktivitas yang terpantau melalui CCTV didalam ruangan mesin ATM. Selanjutnya Satpam tersebut melakukan koordinasi dengan petugas kepolisian.
Petugas yang mendapatkan laporan segera bertindak cepat dan menangkap seorang pelaku. Sedangkan seorang pelaku lainya berhasil kabur dan kini masih dalam pengejaran.
Sementara aksi para pelaku tersebut menggunakan modus nomor call centre palsu. Saat itu ada seorang nasabah BJB warga Sukaresmi yang bermaksud mengambil uang. Hanya saja saat akan menarik uang dari ATM itulah kartu ATM miliknya tertelan. Korban mencoba menghubungi nomor call centre yang terpasang didekat mesin ATM.
Rupanya nomor call centre tersebut palsu, yang merupakan akal-akalan dari para pelaku untuk melancarkan aksinya. Namun ketika pelaku tengah beraksi untuk membobol ATM, keburu ketahuan oleh Satpam dan ditindak lanjuti oleh petugas kepolisian.
Kapolsek Sukaresmi AKP Sutarna membenarkan penangkapan seorang pelaku pembobolan ATM. Menurutnya modus yang digunakan pelaku terlebih dahulu memasang alat di bagian mesin ATM agar bisa menahan kartu nasabah saat bertransaksi pengambilan uang. Kartu ATM tersebut seakan tertelan mesin.
"Sebagai pendukung aksinya pelaku sengaja mengganti nomor call centre pengaduan konsumen yang asli bila ada gangguan dengan nomor milik para pelaku. Selanjutnya pelaku beraksi saat korban meninggalkan mesin ATM," kata Kapolsek saat dihubungi, Rabu (28/3).
Pihaknya tidak menampik, aksi dengan modus serupa juga menimpa beberapa nasabah di wilayah Cipanas dan Sukaresmi. Sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah menempatkan personel didekat mesin ATM.
"Hasilnya kita berhasil meringkus satu orang pelaku dan satu orang lagi masih dalam pengejaran yang identitasnya sudah kami ketahui. Kita terus mengembangkan kasus ini dan tidak menutup kemungkinan pelaku merukan salah satu bagian dari sindikat," jelasnya (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembobol ATM BJB Diringkus Polisi

Trending Now

Iklan

iklan