Iklan

iklan

Diduga Akibat Pipa Bocor, Mesin Pengisian BBM Meledak dan Terbakar

Wednesday, March 28, 2012 | 7:15:00 PM WIB Last Updated 2012-03-28T12:28:34Z
Sukaluyu (KabarCianjur) - Diduga akibat kebocoran pipa tangki, sebuah mesin pengisian pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Raya Bandung tepatnya di Kampung Mekarsari, Desa Hegarmanah, Kecamatang Sukaluyu, Kabupaten Ciajur, Rabu (28/3) terbakar dan meledak. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saj akerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, peristiwa terbakar dan meledaknya mesin pengisian Bahan bakar Minyak (BBM) itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB sempat membuat panik para pengunjung dan petugas SPBU.
Seorang saksi mata Sonson (46) yang juga pegawai SPBU menuturkan, saat itu dirinya tengah melayani konsumen bersepeda motor. Namun tiba-tiba mesin pengisian BBM tersebut meledak dan membuat terkejut dirinya serta beberapa pengunjung yang ada diareal SPBU. Tidak lama berselang muncul kobaran api yang cukup besar menyambar bagian mesin.
Beberapa pegawai SPBU berupaya untuk memadamkan api. Akhirnya api berhasil dipadamkan, namun tak urung membuat mesin pengisian BBM itu hangus terbakar. "Saat kejadian kebetulan komsumen tidak padat, hanya ada satu motor dan satu mobil," katanya.
Sementara menurut Nunu (40), yang juga pegawai SPBU, hasil dari pemeriksaansebelumnya, kondisi mesin sebelum ledakan dalam keadaan baik. Hanya saja, mesin tersebut usianya sudah mencapai 12 tahun. "Kalau kondisi mesin sebenarnya baik dan kondisi tangki juga tidak dull hanya diisi sekitar 17 ton liter," jelasnya.
Petugas yang mendapatkan laporan adanya SPBU yang meledak dan terbakar segera mendatangi lokasi kejadian. Beberapa petugas identifikasi dari Polres Cianjur dan Polsek Sukaluyu terlihat berada di lokasi kejadian. Tidak membutuhkan waktu lama, petugas memasang garis polisi di sekeliling mesin pengisisn BBM yang terbakar.
Kapolsek Sukaluyu AKP Rusniadi mengatakan, dugaan sementara terjadinya ledakan dan kebakaran disebabkan oleh kebocoran pipa tangki. "Itu baru dugaan berdasarkan keterangan pihak SPBU dan saksi mata," katanya (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diduga Akibat Pipa Bocor, Mesin Pengisian BBM Meledak dan Terbakar

Trending Now

Iklan

iklan