CIANJUR, (KC).- Untuk meningkatkan pemahaman dalam melakukan pengawasan, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Panwaslu Pilgub Jabar) Kabupaten Cianjur menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) terhadap 360 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). Bintek tersebut dilakukan berdasarkan daerah pemilihan (Dapil) masing-masing wilayah.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Yuyun Yunardi melalui Divisi Pengawasan dan Humas, Saepul Anwar mengungkapkan, bimtek bagi PPL tersebut di bagi dalam lima daerah pemilihan (Dapil). Untuk dapil I yang meliputi Kecamatan Cianjur, Cilaku, Warungkondang, Gekbrong dan Cibeber
telah dilaksanakan pada Selasa (20/11/2012). Demikian juga untuk dapil II yang meliputi Kecamatan Mande, Ciranjang, Sukaluyu, Karangtengah, Haurwangi dan Bojongpicung telah dilaksanakan pintek pada Rabu (21/11/2012).

"Untuk wilayah III yang meliputi Kecamatan Pacet, Cipanas, Sukaresmi, Cikalongkulon dan Cugenang) baru hari ini Kamis (22/11/2012) dilaksanakan. Setiap bimtek yang kita berikan kepada PPL juga hampir sama dengan apa yang pernah kita sampaikan kepada para anggota Panwaslu Kecamatan," kata Saepul Anwar saat ditemui disela memberikan materi bimtek bagi para PPL di aula Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Kamis (22/11/2012).

Dengan dilaksanakan bimtek bagi PPL tersebut diharapkan para PPL dalam melaksanakan tugas pengawasan di wilayahnya masing-masing atau disetiap desa bisa lebih memahami tugas dan fungsinya. "Kita harapkan setelah mengikuti bimtek, setidaknya mereka telah memiliki modal, sehingga dalam melaksanakan tugasnya sebagai panwas bisa dilaksanakan dengan baik sebagaimana yang diatur dalam undang-undang," tegasnya.

Untuk pemberian materi bimtek, selain masalah pengawasan juga diberikan materi tentang pengetahuan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu). Hal itu penting dilakukan agar PPL bisa lebih memahami, tidak hanya pengawasannya saja, tapi penyelenggaraanya juga dikuasai. "Kalau semua sudah dikuasai, kami tidak ragu lagi dalam memberikan amanat untuk melakukan seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu ditingkat desa," katanya.

Dalam bintek yang diberikan kepada para PPL itu juga dilakukan simulasi tentang pelanggaran apa saja yang dimungkinkan terjadi. Simulasi dibagi berbagai kelompok dan setiap kelompok diberikan soal yang berbeda-beda. "Hasil dari simulasi setelah diberikan materi, ternyata cukup menggembirakan, secara umum mereka sudah memahami apa yang harus dilakukasn sebagai panwas diwilayah tugasnya," paparnya.

Deni Komara PPL Kecamatan Cugenang, mengaku sangat terbantu dengan adanya bimtek yang dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten Cianjur. Namun demikian pihaknya mengakui, sebelum mengikuti bimtek, di Panwaslu Kecamatan Cugenang juga sudah melakukan bimtek dengan materi yang tidak jauh berbeda.

"Kalau diwilayah Kecamatan Cugenang kita semua para PPL sudah mendapatkan bimtek dari Panwaslu Kecamatan, tapi saya tidak tahu kecamatan lainya. Sehingga dengan kembali adanya bimtek lebih menguatkan saja pemahaman kita tentang kepemiluan terutama mengenai pengawasan yang menjadi tugas pokok PPL di wialayah desa," tegasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.