HEADLINE
---
Advertisement

4.060 Atlet Ikuti Porseni Tingkat Kecamatan Cianjur

FOTO : Pasukan Drum Band SD Aisyiah Islamic Centre Cianjur
KabarCianjur-Jln. Selamet Riyadi; Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Kecamatan Cianjur diikuti oleh 4.060 atlet yang berasal dari 65 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 9 Sekolah Dasar Swasta (SDS) yang digelar pembukaanya di lapang Badak Putih, Jalan Selamet Riyadi, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, Senin (5/3).
Para peserta yang berasal dari 10 gugus itu akan bertanding dalam beberapa cabang olahraga (cabor) dan seni. Untuk olahraga yang akan dipertandingkan terdiri dari cabor sepak bola mini, bola volly mini, bulu tangkis, tenis meja.
Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan (Kapusbindik) TK/SD Kecamatan Cianjur, Nandang Kosasih didampingi Ketua Panitia Penyelenggara, Endang Sudarisman mengungkapkan, tujuan diselenggarakan Porseni tersebut diantaranya menumbuhkembangkan sikap persahabatan dan persaudaraan diantara siswa SD di Kecamatan Cianjur.
Selain itu juga untuk menumbuhkembangkan sikap apresiatif dan sportivitas siswa sebagai pondasi dalam membangun karakter budaya bangsa dan sebagai bahan evaluasi terhadap program pembinaan dan pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh sekolah.
"Kegiatan Porseni tingkat SD ini juga merupakan salah satu upaya pembinaan evaluasi dan seleksi terhadap kompetensi, minat, bakat serta kreatifitas yang telah dimiliki siswa," katanya.
Kegiatan Porseni tersebut juga merupakan salah satu wahana untuk menumbuhkembangkan sikap kreativitas, sportivitas dan kebersamaan dalam membangun karakter budaya bangsa.
Menurut Nandang, dalam Porseni tingkat SD se Kecamatan Cianjur tersebut selain cabang olahraga juga dilombakan untuk mata pelajaran siswa berprestasi diantaranya calistung untuk kelas satu hingga kelas tiga untuk putra dan putri serta lomba siswa berprestasi putra dan putri dan juga lomba olimpiade Mipa putra dan putri.
Sementara untuk lomba pasanggiri dan apresiasi basa sastra dan seni sunda diantaranya nembang pupuh, ngadongeng basa sunda, maca sajak, biantara, membaca dan menulis aksara sunda.
Ada juga didalam Porseni itu didalamnya terdapat Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (F2LSN) terdiri dari solo, pidato bahasa Indonesia, menulis dan membaca puisi. Pasanggiri asah kaparigelan seni budaya sunda diantaranya asah kaparigelan dan rampak sekar.
"Untuk lomba Tata Upacara dari Kecamatan Cianjur sudah masuk juara I tingkat wilayah I dan Wawasan Wiyata Mandala kita juga sudah menjadi juara I untuk berebut di tingkat Kabupaten. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan," papar Nandang yang di amini Endang Sudarisman (KC-02)***
Also Read:
Post a Comment
Close Ads
deskripsi gambar