Iklan

iklan

Situs Gunung Padang Digali, Untuk Buktikan Keberadaan Piramida

Friday, May 18, 2012 | 6:13:00 PM WIB Last Updated 2012-05-18T11:14:11Z
CAMPAKA (KC) Situs Gunung Padang digali. Penggalian dilakukan tim arkelolog yang dibawahi langsung Staf Khusus Presiden Andi Arief. Bukan hanya arkeolog saja yang ikut terlibat, tetapi juga ada tim geolog, sejarawan, dan beberapa ahli lainnya. Tim menyelidiki piramida yang kemungkinan terkubur di kawasan seluas 3 hektar di Cianjur tersebut.
"Penggalian dilakukan sejak 15 Mei dan rencananya sampai 30 Juni 2012," kata Ketua Tim Arkeolog, Ali Akbar saat berbincang, Kamis (17/5/2012).
Ali menjelaskan, sebenarnya penggalian ini sudah direncanakan lama. Sebelumnya sudah dibuat pemindaian kawasan itu dengan geo radar dan geo listrik dan ditemukan indikasi.
"Tim terbagi 2, ada tim geologi yang dipimpin Pak Dani Hilman, dan juga tim arkeolog. Penggalian ini melibatkan beragam instansi dan juga ahli," terangnya.
Penggalian dilakukan secara bertahap dengan membuka lapisan perlapisan. Sejauh ini yang digali baru pada kedalaman 20-30 Cm.
"Nah, selama ini penelitian dilakukan terpisah-terpisah. Kalau kalangan arkeolog menyebutkan kawasan ini punden berundak, itu piramid juga. Sekarang kita buktikan di lapangan," tuturnya.
Penggalian ini dilakukan secara resmi. Izin sudah dikantongi dari pemerintah setempat diharapkan fakta soal piramid di Situs Gunung Padang bisa terjawab.(Detik/KC06)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Situs Gunung Padang Digali, Untuk Buktikan Keberadaan Piramida

Trending Now

Iklan

iklan