Iklan

iklan

Acil Bimbo,"Tatanan Nilai Budaya Berantakan Akibat Rusaknya Karakter Dan Mental"

Thursday, June 28, 2012 | 8:59:00 PM WIB Last Updated 2012-06-28T13:59:57Z
Acil Bimbo, Budayawan Jawa Barat
CIANJUR, (KC).- Hari ini tatanan nilai budaya berantakan akibat rusaknya karakter dan mental, sehingga berbagai masalah di Indonesia terus mencuat ke permukaan. Demikian diungkapkan Budayawan Jawa Barat, Acil Bimbo disela-sela penanaman pohon dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi ke 66 dan Mapag ke 100 tahun Paguyuban Pasundan di komplek Yayasan Nurul Hidayah Pasundan Kampung Panaruban, Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Kamis (28/6).
Menurut Acil, problem masalah di Indonesia, atau di Jawa Barat, diawali rusaknya tatanan budaya. Salah satu contoh rusaknya nilai tatanan budaya adalah korupsi begitu mewabah, bangsa indonesia sebagian besar lupa silaturahmi, kekerasan dimana-mana, dan tidak menjaga lingkungan sekitar.
"Kondisinya sudah sangat mencemaskan dan perlu adanya gerakan perubahan untuk bangsa Indonesia yang tentram dan damai. Kalau kita melihat kepada bangsa di Asia, seperti Cina, Korea, dimana mereka ada yang disebut repormasi. Artinya bagaimana bersikap jujur, mencintai tanah air dan lainnya. Inilah yang perlu kita contoh untuk membangun gerakan kembali menjaga lembur," ujarnya.
Dikatakan Acil, salah satu bentuk menjaga lembur adalah dengan cara menanam pohon untuk penghijaun. "Saya sangat apresiasi sekali kepada Kodim 0608 dan Paguyuban Pasundan Cianjur yang telah melaksanakan amanah bangsa yaitu menjaga lembur melalui penghijauan," paparnya.
Secara terpisah Komandan Distrik Militer (Dandim) 0608 Cianjur, Letkol Inf. Jala Agrananto mengatakan, penanaman pohon ini bertujuan untuk menghijaukan Cianjur oleh tumbuhan dan buah-buahahan. "Cuaca yang tidak menentu mengakibatkan manusia mudah terkena penyakit. Karena itu, melalui penghijauan ini bisa menyeimbangkan kembali cuaca yang tidak menentu," tegasnya.
Ketua Paguyuban Pasundan Cabang Cianjur, Abah Ruskawan mengakui, penanaman pohon akan terus dilakukan untuk menghijaukan Cianjur. Abah mengaku, telah menanam pohon ribuan yang tersebar di wilayah Cianjur. "Mudah-mudahan bakti sosial lingkungan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Cianjur," tegasnya (KC-02)***.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Acil Bimbo,"Tatanan Nilai Budaya Berantakan Akibat Rusaknya Karakter Dan Mental"

Trending Now

Iklan

iklan