HEADLINE
---
deskripsi gambar

Rambu Lampu Lalu Lintas di Cianjur Kota Tidak Berfungsi

ilustrasi
CIANJUR,(KC),- Sejumlah tititk lampu lalu lintas (lalin) di Cianjur Kota, Kabupaten Cianjur tidak berfungsi. Hal ini menyebabkan potensi terjadinya kecelakaan. Bahkan, pengguna jalan sudah lama mengeluhkan kondisi tersebut.

Dari pantauan, Selasa (24/7) lampu lalin perempatan Sianghai Jalan Siti Jenab Cianjur sudah beberapa bulan ini tidak berfungsi. Akibatnya, para pengguna jalan yang melintas jalur tersebut bingung, bahkan kerap nyaris terjadi kecelakaan.

Salah seorang pengguna jalan, Agus (36) mengatakan lampu lalin yang tidak berfungsi hanya jadi tontonan pengguna jalan dan warga yang yang ingin menyebrang. Bahkan, tidak berfungsinya lampu lalin dalam jangka waktu lama menandakan tak ada upaya perbaikan oleh dinas terkait.

"Lampu lalin yang tidak berfungsi ini membuat pengguna bingung, bahkan baik dari arah kiri ataupun kanan bisa saling jalan bertrubrukan karena tidak ada penanda mana yang harus berhenti dan mana yang harus jalan. Apalagi perempatan ini menuju ke beberapa jalan protokol di Kota CIanjur," katanya.

Tidak befungsi beberapa lampu lalin sering membuat jalur tersebut macet total. Kondisi tersebut, kata Agus, membuat pusat kota Cianjur ini semakin kumuh saja.

Pasalnya, selain dipadati pedagang kaki lima, kendaraan yang mondar mandir, juga tak jarang pengguna jalan yang melanggar lalu lintas.

Hal tersebut juga dikaui, Kasat Lantas Polres Cianjur, Ajun Komisaris Sudewo. Ia mengatakan banyaknya rambu jalan yang tidak lengkap dan beberapa lampu lalin yang tidak berfngsi bisa menyebabkan potensi kecelakaan semakin besar.

"Tidak hanya itu, petugas polisi lantas semakin diperberat kerjanya karena tidak berfungsi lampu lalin. Tapi kami tetap menematkan petugas kami untuk mengatur lalin sehingga tidak membuat pengguna menjadi bingung," ucapnya.

Meskipun demikian, kata Sudewo, akan lebih baik jika Dishub setempat segera memperbaiki dan menambah beberapa rambu jalan di beberapa jalan protokol.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur mengakui beberapa lampu lalin sudah lama tidak berfungsi. Namun, Dishub berencana melakukan pemasangan yang baru. Rencana tersebut akan dilakukan di tiga titik, yaitu di simpang Toko Lili, perempatan Sanghai, dan Pasir Hayam.

“Bukan kami yang tidak melakukan pemeliharaan. Namun, ada beberapa kerusakan yang baru saja diketahui. seperti lampu lalin di simpang Sanghai, kabelnya diputus secara sengaja," ucap Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dishub Cianjur, Rusganda

Rusganda mengatakan selain agenda Dishub Cianjur, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) juga memberikan tambahan lampu lalin. Rencananya, pemasangan lampu lalin tambahan tersebut akan dipasang di simpang Dishub Cianjur dan simpang AGJ.

“Tambahan dari provinsi tiga. Tapi setelah pertimbangan, untuk yang di Bundaran Hypermart perlu pengkajian terlebih dahulu. Sehingga, yang terealisasi hanya dua. Untuk anggaran, keseluruhannya dari pemprov,” ujarnya.(PR/KC06)**
Also Read:
Post a Comment
Close Ads