HEADLINE
---
deskripsi gambar

Sebanyak 87 Anak Dari Keluarga Kurang Beruntung di Khitan Masal

Khitanan Massal Pemda Cianjur
CIANJUR, (KC).-Sebanyak 87 anak dari keluarga tidak mampu dari beberapa wilayah di Kabupaten Cianjur mengikuti khitanan masal di Balai Prayoga Komplek Pemkab Cianjur yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Jadi Cianjur ke 335, Senin (9/7). Para anak yang dikhitan juga mendapatkan bingkisan yang telah disiapkan oleh pihak panitia.

Bupati Cianjur yang hadir untuk menyaksikan secara langsung khitanan masal mengungkapkan, 
berkhitan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh kaum muslim, terlebih yang telah mencapai usia akil balig. Namun disadari sepenuhnya, bahwa untuk menjalankan kewajiban tersebut tidak semua orang tua mampu menyediakan dana bagi anak-anaknya untuk berkhitan.

"Untuk itulah Pemkab Cianjur bersama instansi terkait menyelenggarakan bhakti sosial berupa khitanan masal. Kegiatan ini juga rangkaian dari peringatan Hari Jadi Cianjur yang ke-335. Kita ingin membantu masyarakat yang tidak mampu terutama dalam mengkhitan anaknya," kata bupati disela menghadiri khitanan masal, Senin (9/7).
Bupati mengharapkan agar anak-anak yang sudah dikhitan kelak bisa menjadi anak yang shaleh, berbakti kepada orangtua serta berguna bagi agama, bangsa dan negara. "Kita harapkan abak-anak yang sudah dikhitan ini menjadi generasi yang berbakti, tidak hanya kepada kedua orang tuanya tapi juga bagi nusa dan bangsa serta agama," harapnya.
Ketua Peringatan Hari Jadi Cianjur ke 335, H. Atte Adha Kusdinan mengungkapkan, pihaknya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi demi terlaksananya kegiatan khitanan masal. Berdak dukungan dari semua pihak, pelaksanaan tersebut bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
"Tentu apa yang kita telah perbuat tidak terlepas dari partisipasi semua pihak. Sebenarnya kita ingin, semua masyarakat atau keluarga yang kurang mampu untuk mengkhitankan anaknya ingin kita bantu. Tapi karena anggaran yang kita miliki terbatas, kita belum bisa memberikan bantuan yang maksimal. Mudah-mudahan saja apa yang kita lakukan saat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi keluarga yang anaknya dikhitan," kata Atte.
Selain dikhitan secara geratis oleh dokter khusus yang didatangkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, anak-anak yang rata-rata dibawah usia 7 tahun itu juga diberikan bingkisan. "Khitanan masal ini bagian dari bebeberapa kegiatan dalam rangka Hari Jadi Cianjur ke 335. Kita ingin berbagai kepada masyarakat yang kurang beruntung dengan alasan ekonomi. Kedepanya kita ingin kegiatan bhaksti sosial seperti ini lebih ditonjolkan karena bermanfaat bagi masyarakat," kayanya.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Niswan Purwanti mengatakan, untuk mendukung suksesnya kegiatan khitanan masal, pihaknya menerjunkan sedikitnya 10 dokter dan 10 tenaga medis. Semua petugas tersebut berasal dari lingkungan Dinas Kesehatan Kavupaten Cianjur.

"Semua tenaga medisnya dari kita semua, tidak ada yang dari luar. Mereka akan bertugas sampai kegiatan khitanan masal ini selesai. Kita ingin dengan semua petugas dari kita, koordinasinya akan lebih mudah bila ada sesuatu yang harus segera ditangani," katanya (KC-02)***. 
Also Read:
Post a Comment
Close Ads